NSPK

Beranda Produk Semua
Beranda Produk Semua
 

NSPK - Semua   |   Rekap NSPK

Kategori Judul Dokumen Tahun Viewed
Prosedur Teknis
SOP/UPM-K3/DJBM-03 Revisi 01 Tentang Investigasi Kecelakaan dan Pelaporan

Prosedur ini menetapkan tata cara dan metode investigasi kecelakaan pada saat pelaksanaan konstruksi dan pelaporan terkait hasil investigasi kecelakaan yang menggunakan dana APBN yang berlaku di Deroktorat Jenderal Bina Marga.

2022-01-26 11:14:30
2022 403
Pedoman Teknis Bidang Jalan
No. 01/P/BM/2022 Pedoman Pemeriksaan Jembatan

Pedoman ini membuat ketentuan umum dan ketentuan teknis mengenai perencanaan, persiapan, dan pelaksanaan pemeriksaan detail, pemeriksaan rutin, dan pemeriksaan khusus kondisi jembatan. Penjelasan-penjelasan lebih detail diberikan dalam bagian Lampiran, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Pedoman ini.

2022-01-24 13:19:30
2022 1354
Prosedur Teknis
SOP/UPM/DJBM-158 Tentang Standar Operasional Prosedur Advis Teknis

Prosedur ini menetapkan Proses kerja, alur kegiatan,stakeholder yang terkait, serta kelengkapan dokumen pendukung advis teknis terkait perencanaan teknis dan pelaksanaan konstruksi di bidang jalan dan jembatan, mulai dari pemohonan awal sampai dengan penyampaian produk advis teknis kepada pemohon.  

2022-01-17 11:02:08
2022 460
Pedoman Teknis Bidang Jalan
Surat Edaran Dirjen Bina Marga No. 03/SE/Db/2022 tentang Pengawasan dan Pengendalian Kendaraan Berdimensi Lebih dan/atau Bermuatan Lebih (Over Dimension-Over Load/OD-OL) Pada Proyek Konstruksi Jalan dan Jembatan

Lingkup Surat Edaran ini meliputi pengaturan tentang ketentuan dimensi dan jumlah berat yang diizinkan serta tata cara dalam melakukan pengawasan dan pengendalian kendaraan berdimensi lebih dan/atau bermuatan lebih (Over Dimension-Over Load/OD-OL) pada dokumen tender/kontrak dan saat pelaksanaan kontrak pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan di Direktorat Jenderal Bina Marga.

2022-01-14 10:39:11
2022 580

Kriteria Spesifikasi Khusus Interim
SKh-1.3.21 Drainase Pasir Horizontal (Horizontal Sand Drain)

Pekerjaan drainase pasir horizontal adalah pekerjaan system drainase pasir yang dipasang secara horizontal pada daerah tanah lunak untuk mengalirkan air ke arah sisi kiri dan kanan timbunan jalan di atas daerah yang dilakukan perbaikan tanah. Pekerjaan drainase pasir horizontal merupakan satu kesatuan dengan pekerjaan Penyalir Vertikal Pra-Fabrikasi (Prefabricated Vertical Drain, PVD). Pekerjaan drainase pasir horizontal ini dilaksanakan setelah Penyedia Jasa melaksanakan pekerjaan PVD dimana drainase pasir horizontal ini akan dipasang.

2022-08-08 16:10:09
2021 13

Kriteria Spesifikasi Khusus Interim
SKh-1.7.47 Isolator Gempa Menggunakan Bantalan Karet Inti Timbal (Lead Rubber Bearing, LRB) untuk Jembatan

Spesifikasi ini menjelaskan persyaratan yang harus dipenuhi untuk pekerjaan penyediaan dan pemasangan isolator gempa menggunakan Lead Rubber Bearing (LRB) untuk menopang gelagar atau pelat jembatan seperti pada gambar dan yang disyaratkan dalam Spesifikasi ini. LRB, disebut juga base isolation device, adalah bantalan jembatan yang berfungsi untuk meredam gaya gempa yang terjadi pada jembatan. LRB dirancang menggunakan lapisan elastomer (kompon karet alam) yang diperkuat dengan pelat baja yang direkatkan dengan proses vulkanisasi. LRB dapat memiliki satu atau lebih inti timbal silinder. 

2022-08-08 14:31:12
2021 16

Kriteria Spesifikasi Khusus Interim
SKh-1.M.04 Bahan Aspal yang Mengandung Karet Alam Padat

Spesifikasi khusus interim ini mencakup persyaratan teknis aspal yang mengandung karet alam padat (Standard Indonesian Rubber (SIR), Ribbed Smoked Sheet (RSS)) yang harus dipenuhi agar dapat berfungsi sebagai bahan pengikat pada perkerasan jalan beraspal dengan kinerja yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan. Dalam pembuatan aspal yang mengandung karet alam padat tersebut, terlebih dahulu harus dilakukan pravulkanisasi terhadap karet alam padat menjadi kompon agar pada saat dicampur dengan aspal pada kondisi panas terjadi vulkanisasi karet alam sehingga menghasilkan aspal dengan sifat yang memenuhi persyaratan. Spesifikasi khusus interim ini tidak mengatur mengenai aspek keselamatan dan lingkungan. Hal tersebut agar menjadi perhatian dari pengguna spesifikasi khusus ini.

2022-08-08 14:01:12
2021 15

Kriteria Spesifikasi Khusus Interim
SKh-1.M.03 Cat Termoplastik dengan Bahan Pengikat Rosin Ester untuk Marka Jalan

Spesifikasi ini mencakup persyaratan teknis mengenai komposisi dan sifat cat termoplastik pemantul warna putih dan warna kuning dengan bahan pengikat (binder) rosin ester untuk cat marka jalan. Rosin ester adalah resin berbentuk padat yang dibuat dari getah pohon pinus yang diesterifikasi. Cat termoplastik dengan bahan pengikat rosin ester harus bebas bahan yang tidak dikehendaki serta apabila dipanaskan tidak menimbulkan uap beracun yang membahayakan. Aspek keselamatan dan lingkungan menjadi perhatian pengguna cat termoplastik ini. Bahan cat termoplastik tidak boleh mengalami perubahan sifat dan bentuk selama pengangkutan dan penyimpanan.

2022-08-08 13:35:20
2021 12

Kriteria Spesifikasi Khusus
SKh-1.3.20 Timbunan Pilihan Menggunakan Tailing

Spesifikasi ini mengatur tentang timbunan pilihan menggunakan tailing. Tailing yang dimaksud dalam spesifikasi ini diambil dari deposit Ajkwa, Timika. Timbunan Pilihan Menggunakan Tailing hanya bisa digunakan jika pada kedua tepi terdapat lateral support (suling-suling harus diberi geotekstil filter) atau dibungkus menggunakan geosintetik. Timbunan Pilihan Menggunakan Tailing digunakan untuk meningkatkan kapasitas daya dukung tanah dasar pada lapisan penopang (capping layer) dan jika diperlukan di daerah galian. Timbunan Pilihan Menggunakan Tailing dapat juga digunakan untuk pekerjaan pelebaran timbunan. Spesifikasi ini tidak mengatur untuk timbunan di atas tanah rawa. Timbunan Pilihan Menggunakan Tailing digunakan sebagai lapisan penopang (capping layer) pada tanah lunak sesuai dengan Seksi 3.2 dari Spesifikasi Umum 2018 (Revisi 2).  

2022-08-08 13:03:42
2021 48

Kriteria Spesifikasi Khusus Interim
SKh-1.7.48 Perlindungan Tiang Pancang Baja dengan Lapis Lindung Glass Flake

Pekerjaan ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan struktur tiang pancang baja yang berada di lingkungan air laut dari kerusakan akibat korosi dengan menggunakan lapis lindung glass flake agar tiang pancang baja tetap berfungsi sesuai dengan umur rencananya. Tinggi pengecatan menggunakan lapis lindung glass flake didasarkan pada hasil pemeriksaan dan pengkajian awal sebelum pekerjaan dilaksanakan.   

2022-08-08 12:54:21
2021 30