Home Logo

ID EN


PERBAIKAN TANAH LUNAK DENGAN ABU SERABUT KELAPA DAN PERKUATAN LIMBAH BOTOL PLASTIK

06 Agustus 2020

PERBAIKAN TANAH LUNAK DENGAN ABU SERABUT KELAPA DAN PERKUATAN LIMBAH BOTOL PLASTIK Dewasa ini pembangunan infrastruktur tumbuh semakin pesat setiap waktunya, namun tidak diimbangi oleh ketersediaan lahan. Salah satu elemen yang harus mendapatkan perhatian khusus pada pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan adalan tanah. Tanah merupakan dukungan terakhir untuk penyaluran beban yang ditimbulkan akibat beban konstruksi di atasnya pada sebuah pembangunan konstruksi. Terkadang kita dihadapkan pada satu pilihan yang dimana lokasi pembangunannya telah ditetapkan. ...

METODE VACUUM CONSOLIDATION SEBAGAI ALTERNATIF PENANGANAN TANAH LUNAK UNTUK KONSTRUKSI JALAN

14 Juli 2020

METODE VACUUM CONSOLIDATION SEBAGAI ALTERNATIF PENANGANAN TANAH LUNAK UNTUK KONSTRUKSI JALAN Permasalahan utama pada pembangunan jalan di atas tanah lempung lunak (soft clay) adalah daya dukung tanah dasarnya yang relatif rendah dan pemampatan tanah dasarnya yang relatif besar serta berlangsung relatif lama. Apabila tanpa dilakukan perbaikan pada tanah dasarnya terlebih dahulu maka infrastruktur yang dibangun diatasnya akan berpotensi mengalami kerusakan sebelum mencapai umur yang direncanakan. ...

PEMANFAATAN TEKNOLOGI 3D TERESTRIAL LASER SCANNING DALAM MENDUKUNG KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN

25 Juni 2020

PEMANFAATAN TEKNOLOGI 3D TERESTRIAL LASER SCANNING DALAM MENDUKUNG KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN Data spasial mempunyai peran yang sangat strategis dalam penyelenggaraan jalan nasional. Pemanfaatan data spasial sebagai sumber data merupakan salah satu elemen yang patut diperhatikan guna mencapai sasaran penyelenggaraan jalan nasional secara efektif dan efisien. Dengan ketersediaan data yang lengkap dan akurat secara spasial, maka akan meningkatkan kualitas pembangunan nasional. ...

PEMILIHAN TEKNOLOGI EXPANSION JOINT (SIAR MUAI) UNTUK JEMBATAN DENGAN PERKERASAN KAKU

11 Juni 2020

PEMILIHAN TEKNOLOGI EXPANSION JOINT (SIAR MUAI) UNTUK JEMBATAN DENGAN PERKERASAN KAKU Jembatan memiliki peranan penting dalam berkembangnya infrastruktur di suatu negara. Oleh sebab itu, segala komponen penyusun jembatan perlu mendapatkan perhatian khusus. Salah satu komponen penyusun jembatan adalah Expansion Joint atau Siar Muai. Siar Muai adalah bahan yang dipasang di antara dua bidang lantai beton untuk kendaraan atau pada perkerasan kaku dan dapat juga pada pertemuan antara konstruksi jalan pendekat sebagai media lalu lintas yang akan melewati jembatan supaya pengguna jalan merasa aman dan nyaman. ...

APLIKASI JENDELA LAYANAN INFORMASI DAN IDE (JELI) SEBAGAI MEDIA PELAYANAN PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL BINA MARGA

28 Mei 2020

APLIKASI JENDELA LAYANAN INFORMASI DAN IDE (JELI)  SEBAGAI MEDIA PELAYANAN PUBLIK  DIREKTORAT JENDERAL BINA MARGA Aplikasi JELI adalah sebuah terobosan yang sangat relevan dengan keadaan sekarang yang serba cepat dan instan. Inovasi yang diberikan dari aplikasi ini antara lain, informasi dan data terpusat sehingga dapat diakses darimana saja selama masih tersedia koneksi internet, data yang diberikan lebih akurat karena disajikan secara real-time, tidak perlu bertatap muka langsung dalam menyampaikan ide dan masukan, tidak perlu lagi menggunakan kertas formulir untuk memperoleh data dan mengirimkan ide yang ingin disampaikan, karena dapat langsung melalui aplikasi ini, dan yang terakhir semua informasi dapat disampaikan menggunakan aplikasi dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun. ...

PENENTUAN PERSENTASE KOMPOSISI DARI FRAKSI AGREGAT UNTUK GRADASI CAMPURAN AC-WC (ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE) DENGAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL

15 Mei 2020

PENENTUAN PERSENTASE KOMPOSISI DARI FRAKSI AGREGAT UNTUK GRADASI CAMPURAN AC-WC (ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE) DENGAN APLIKASI MICROSOFT EXCEL Pembuatan AC-WC (Asphalt Concrete – Wearing Coarse) harus melalui proses perancangan aggregate blending. Perancangan blending diperlukan agar gradasi campuran dari setiap fraksi agregat (agregat kasar, sedang, halus, dan filler) sesuai kriteria spesifikasi. Spesifikasi yang digunakan adalah Spesifikasi Umum Bina Marga tahun 2018. Perancangan aggregate blending untuk agregat memiliki 2 metode (Puslitbang Jalan dan Jembatan, 2018). Metode tersebut adalah metode grafis dan analisis. Metode analisis dapat dibagi menjadi 2 cara, yakni analisis dengan “Trial and Error” dan analisis dengan pertidaksamaan linear. Pada Puslitbang Jalan dan Jembatan, telah diterapkan metode grafis dan metode “Trial and Error”. Ketiadaan penggunaan metode analisis dengan pertidaksamaan linear pada Puslitbang Jalan dan Jembatan menjadi isu yang diangkat dalam penelitian ini. Perhitungan metode analisis pertidaksamaan linear akan lebih mudah bilamana ada template dari Microsoft Excel. Penentuan kadar aspal optimum tidak dapat dilakukan dengan metode analisis pertidaksamaan linear melainkan dengan pengujian “marshall” dengan alat marshall, namun penentuan perkiraan persentase aspal dapat dilakukan dengan menggunakan rumus empiris yang mana dibutuhkan data persentase setiap fraksi agregat. Kadar aspal optimum dari pengujian marshall yang selanjutnya digunakan untuk penggunaan di lapangan. ...

Evaluasi Kinerja Campuran Beraspal Hangat Menggunakan Agregat Slag EAF (Electric Arc Furnace).

04 Mei 2020

Evaluasi Kinerja Campuran Beraspal Hangat Menggunakan Agregat Slag EAF (Electric Arc Furnace). Infrastruktur berkelanjutan didukung dengan memperhatikan keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Dua aspeknya meliputi aspek lingkungan dan sumber daya. Ketersediaan agregat alam semakin lama semakin terbatas maka dari itu diperlukan alternatif material baru sebagai pengganti agregat alam. Agregat Slag EAF(Electric Arc Furnace) merupakan limbah alternatif pengganti agregat yang mendukung aspek sumber daya. Sedangkan untuk mendukung pengurangan emisi gas kaca di sektor industri diperlukan metode khusus untuk mengurangi pemanasan global campuran beraspal hangat yang dapat mendukung pengurangan emisi gas CO2 dan gas rumah kaca dalam aspek lingkungan. ...

KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN JALAN DALAM ERA TEKNOLOGI 4.0

18 April 2020

KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN JALAN DALAM ERA TEKNOLOGI 4.0 Penetapan Geodatabase Ditjen Bina Marga Dalam rangka mewujudkan Visium PUPR Tahun 2030, maka Ditjen Bina Marga perlu melakukan inovasi dalam penyelenggaran jalan khususnya terkait data. Era teknologi 4.0 saat ini menggunakan data digital tidak hanya dalam volume yang sangat besar, melainkan sangat banyak jenis, dan sangat dinamis yang dikenal sebagai Big Data. Untuk itu, diperlukan pengelolaan data dengan cara memanfaatkan Teknologi Big Data sebagai media penyimpanan data dengan ruang yang tidak terbatas, serta kemampuan untuk mengakomodasi dan memproses berbagai jenis data dengan sangat cepat merupakan hal yang penting. Transaksi, interaksi, dan observasi teknologi big data menggunakan jaringan internet, jaringan komunikasi, maupun jaringan satelit. Teknologi big data digunakan untuk mempermudah dalam pemecahan suatu masalah yang memiliki karakteristik 5V; Volume (jumlah data yang besar), Velocity (data yang dinamis), Variety (data yang beragam jenis), Veracity (data yang berkualitas), dan Value (data mampu menjadi nilai). ...

PEMANTAUAN KERUSAKAN JALAN CROWDSOURCING DAN KINERJA INFRASTRUKTUR JALAN: STUDI KASUS JALANKITA

25 September 2019

PEMANTAUAN KERUSAKAN JALAN CROWDSOURCING DAN KINERJA INFRASTRUKTUR JALAN: STUDI KASUS JALANKITA Penelitian ini bertujuan untuk menilai komparabilitas dan tingkat prioritas dari laporan cacat jalan crowdsourced di Indonesia dengan peningkatan kinerja jalan itu sendiri. Metode kuantifikasi visual yang disebut Pavement Condition Index akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah komparabilitas laporan crowdsourced, diikuti oleh model analisis perbandingan dan berganda untuk menganalisis pemanfaatannya dalam pengambilan keputusan pemeliharaan otoritas jalan. ...

Fly Over Manahan Gunakan Teknologi Corugated Mortar Busa

20 Agustus 2019

Fly Over Manahan Gunakan Teknologi Corugated Mortar Busa FO Manahan telah selesai dibangun dan dilakukan Serah Terima Pertama atau Provisional Hand Over (PHO) pada tanggal 10 Desember 2018. Sebelum dilakukan open traffic dilakukan uji beban untuk melihat kekuatan struktur baja bergelombang. Hasilnya menunjukkan defleksi dan regangan aktual yang terjadi masih di bawah nilai ambang batas yang diizinkan sehingga dapat disimpulkan konstruksi struktur baja bergelombang kuat untuk menahan beban mati dan beban lalu lintas yang melintasinya. ...