Home Logo

ID EN

NSPK



Ditemukan : "642" Dokumen
Halaman 1 dari 33

Standar Nasional Indonesia Bidang Pengujian
SNI ASTM C309:2012 tentang Spesifikasi Kompon Cair Pembentuk Membran untuk Perawatan Beton

26 Februari 2021, 16 viewed

Spesifikasi ini mencakup kompon cair pembentuk membran (selanjutnya disebut kompon cair) yang sesuai untuk digunakan pada permukaan beton untuk mengurangi hilangnya air selama periode awal pengerasan. Kompon cair berpigmen putih memiliki fungsi tambahan untuk mengurangi kenaikan temperatur pada beton yang tidak terlindung dari radiasi sinar matahari.Komponen cair yang tercakup dalam spesifikasi ini sesuai untuk digunakan sebagai media peralatan beton segar, dan dapat juga digunakan untuk perawatan beton lebih lanjut setelah pelepasan cetakan atau setelah awal perawatan lembab.


Kriteria Spesifikasi Khusus
Spesifikasi Khusus Seksi 5.6 Cement Treated Recycling Base dan Subbase (CTRB & CTRSB) Dicampur di Tempat (Mixed in Place)

01 Maret 2021, 47 viewed

Pekerjaan ini meliputi pemrosesan daur ulang (recycling) pada perkerasan jalan lama baik jalan kerikil/agregat atau jalan aspal yang telah terlebih dahulu dipersiapkan.


Kriteria Spesifikasi Khusus
Spesifikasi Khusus Seksi 6.8 Daur Ulang Campuran Beraspal Dingin Lapis Pondasi dengan Foam Bitumen (Cold Mix Recycling Base by Foamed Bitumen, CMRFB-Base)

01 Maret 2021, 52 viewed

Spesifikasi Khusus Seksi 6.8 Daur Ulang Campuran Beraspal Dingin Lapis Pondasi dengan Foam Bitumen (Cold Mix Recycling Base by Foamed Bitumen, CMRFB-Base)


Kriteria Spesifikasi Khusus
Spesifikasi Khusus Interim Seksi 6.6 Lapis Makadam Asbuton Lawele

01 Maret 2021, 25 viewed

Pekerjaan yang diatur dalam buku petunjuk ini mencakup pembuatan lapisan permukaan atau lapis aus yang dihampar dan dipadatkan di atas lapis pondasi atau permukaan jalan yang telah disiapkan sesuai dengan Spesifikasi Umum dan memenuhi garis, ketinggian, dan potongan memanjang serta potongan melintang yang ditunjukkan dalam Gambar Rencana.


Standar Nasional Indonesia Bidang Jembatan dan Terowongan
SNI 2833 : 2016 Standar perencanaan ketahanan gempa untuk jembatan

02 Maret 2021, 709 viewed

AASHTO LRFD Bridge Design Specification 5th Edition 2012. Standar ini digunakan dalam perancangan struktur jembatan tahan gempa dimana digunakan beberapa prinsip sebagai berikut : Struktur berperilaku dalam batas elastis akibat gempa skala kecil dan sedang tanpa terjadi kerusakan yang signifikan. Intensitas gerakan tanah dan gaya gempa yang realistis dalam prosedur perencanaan. Terhadap pengaruh gempa skala besar, jembatan tidak mengalami keruntuhan secara keseluruhan. Bila memungkinkan, kerusakan dapat dideteksi lebih mudah untuk kemudian dapat dilakukan inspeksi dan perbaikan.


Kriteria Spesifikasi Khusus
Spesifikasi 7.18 Jacking Box

03 Maret 2021, 27 viewed

Pekerjaan ini harus mencakup pelaksanaan jacking box yang diperlukan untuk penyelesaian dari pekerjaan dalam Kontrak ini sesuai dengan Spesifikasi dan yang ditunjukkan dalam Gambar atau sebagaimana yang diperintahkan oleh Direksi Pekerjaan.


Kriteria Spesifikasi Khusus
Spesifikasi Khusus Interim Seksi 3.9 Geogrid untuk Jaring Pengaman Lereng Batuan (SKh-1.3.9)

03 Maret 2021, 16 viewed

Spesifikasi khusus ini meliputi persyaratan teknis untuk material pengiriman dan penyimpangan, pengujian, dan pemasangan geogrid jenis PET (Polyester) untuk jaring pengaman lereng batuan.


Kriteria Spesifikasi Khusus
SPESIFIKASI KHUSUS-INTERIM SEKSI 7.11 EXPANSION JOINT (SKh-1.7.11.1)

03 Maret 2021, 82 viewed

Pekerjaan ini mencakup pengadaan dan pemasangan siar muai yang terbuat dari logam, karet, aspal karet (rubbertic asphalt), bahan pengisi (filler) atau bahan penutup (sealent) yang digunakan untuk sambungan antar struktur dan sesuai dengan Gambar rencana atau sebagaimana diperintahkan oleh Direksi Pekerjaan.


Kriteria Spesifikasi Khusus
Spesifikasi Khusus SKh-1.7.27 Perbaikan Retak dengan Bahan Epoksi

03 Maret 2021, 9 viewed

Pekerjaan perbaikan retak ini dimaksudkan untuk mengembalikan kondisi struktur beton yang retak menjadi satu kesatuan kembali dan berfungsi sebagaimana mestinya. Perbaikan retak adalah perbaikan struktur yang retak yang diakibatkan karena mutu beton yang rendah (tidak kurang dari fc’ 17 MPa) penggunaan yang tidak semestinya seperti beban berlebih, pemeliharaan yang tidak dilaksanakan dengan baik yang terjadi pada elemen jembatan (gelagar beton, lantai jembatan beton, bangunan bawah jembatan, tembok penahan tanah, tembok sayap dan lain sebagainya) serta menggunakan bahan dasar epoksi.


Kriteria Spesifikasi Khusus
Spesifikasi Khusus SKh-1.7.28 Perbaikan Dimensi

03 Maret 2021, 25 viewed

Yang dimaksud dengan perbaikan dimensi adalah pekerjaan pengembalian dimensi akibat terjadinya kerontokan, pengelupasan, keropos atau gompalnya struktur beton dengan melaksanakan pekerjaan penambalan (patching) atau dengan cara grouting yaitu pekerjaan penambalan/penambahan beton pada struktur beton. Patching adalah suatu pekerjaan penambalan elemen beton yang mengalami gompal atau rontok pada bagian permukaan dan grouting adalah suatu perbaikan elemen beton bagian dalam atau dan/ luar elemen beton dengan menggunakan acuan yang kedap serta memasukkan bahan mortar ke dalamnya menggunakan tekanan. Detail pelaksanaan perbaikan retak, yang tidak termasuk dalam Dokumen Kontrak pada saat pelelangan akan diterbitkan oleh Direksi Pekerjaan dari usulan Penyedia Jasa dan Koreksi dari Pengawas Pekerjaan setelah Penyedia Jasa menyerahkan hasil Pemeriksaan Lapangan sesuai dengan Seksi 1.2. dari Spesifikasi umum.


Standar Nasional Indonesia Bidang Pengujian
SNI 6748 : 2008 Cara uji kekesatan pada permukaan perkerasan menggunakan alat mu-meter

08 Maret 2021, 28 viewed

Standar ini menetapkan cara pengukuran kekesatan (the side force friction) pemukaan perkerasan menggunakan alat yang biasanya disebut Mu-Meter.


Standar Nasional Indonesia Bidang Jembatan dan Terowongan
SNI 03-1748-1989 Spesifikasi konstruksi jembatan tipe balok t bentang sampai dengan 25 meter untuk bm 100

17 Maret 2021, 33 viewed

Spesifikasi ini berisikan penjelasan umum, penjelasan teknis dan detail gambar rencana jembatan balok T kelas beban BM 100 (100% pembebanan BM) 


Pedoman Teknis Bidang Jalan
Panduan Penentuan Klasifikasi Fungsi Jalan di Wilayah Perkotaan

28 Juli 2021, 2 viewed

Panduan Penentuan Klasifikasi Fungsi Jalan di Wilayah Perkotaan, No. 010-T-BNKT-1990


Pedoman Teknis Bidang Jalan
Panduan Survai dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas

28 Juli 2021, 1 viewed

Panduan Survai dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas, No. 001-T-BNKT-1990


Pedoman Teknis Bidang Jalan
Petunjuk Pelaksanaan Pelapisan Ulang Jalan Pada Daerah Kereb Perkeras dan Sambungan

28 Juli 2021, 1 viewed

Petunjuk Pelaksanaan Pelapisan Ulang Jalan Pada Daerah Kereb Perkeras dan Sambungan, No. 006-T-BNKT-1990


Standar Nasional Indonesia Bidang Pengujian
SNI 06-2440-1991 Metode pengujian kehilangan berat minyak dan aspal dengan cara A

09 Maret 2021, 51 viewed

Metode pengujian ini dilakukan terhadap aspal dengan mencari besaran kehilangan berat minyak dan aspal dengan cara A yaitu cara lapisan tipis. Selanjutnya hasil pengujian ini digunakan untuk mengetahui stabilitas aspal setelah pemanasan. Selain itu dapat digunakan untuk mengetahui perubahan sifat fisik aspal selama dalam pencampuran panas di AMP pada suhu 163oC yang dinyatakan dengan penetrasi, daktilitas dan kekentalan.


Standar Nasional Indonesia Bidang Pengujian
SNI 07-2529-1991 Metode pengujian kuat tarik baja beton

03 Maret 2021, 13 viewed

Metode ini digunakan untuk menentukan besarnya nilai kuat tarik baja beton dan parameter lainnya yang dapat digunakan dalam pengendalian mutu baja.


Standar Nasional Indonesia Bidang Jalan
SNI 03-2446:1991 Spesifikasi bangunan pengaman tepi jalan

19 Maret 2021, 25 viewed

Spesifikasi ini meliputi persyaratan mutu bahan, mutu konstruksi, dan lokasi pemasangannya.


Bidang Lingkungan dan Keselamatan Jalan
Spesifikasi Perencanaan Lansekap Jalan pada Persimpangan

19 September 2019, 50 viewed

Spesifikasi Perencanaan Lansekap Jalan pada Persimpangan ini dimaksudkan sebagai pegangan dan petunjuk bagi Pembina Jalan dalam melaksanakan tugasnya.


Standar Nasional Indonesia Bidang Pengujian
SNI 03-2850-1992 Tata cara pemasangan utilitas di jalan

04 Maret 2021, 48 viewed

Tata cara ini meliputi persyaratan-persyaratan, ketentuan-ketentuan dan pengerjaan pemasangan utilitas baik pada badan jalan yang meliputi penggalian, penepatan, dan penimbunan kembali, maupun pada bangunan jembatan yang meliputi pemasangan secara menggantung, menempel sebagian atau seluruhnya, yang berkaitan dengan keamanan jalan dan jembatan.