PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DENGAN TULANGAN Pondasi dan Tulangan pada Jalan Beton dengan Tulangan

PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DENGAN TULANGAN Pondasi dan Tulangan pada Jalan Beton dengan Tulangan

Subject: Pavement; Pavement

Creator: Furqon Affandi (Penulis); Puslitbang Jalan dan Jembatan (Penulis); Furqon Affandi (Penulis); Puslitbang Jalan dan Jembatan (Penulis)

Publisher: PUSJATAN

Contributor: Pusjatan

Format: PDF

Language: Indonesian

Identifier: 978 – 602 – 8758 – 61 – 1

Description:

Perkerasan beton di Indonesia relatif baru dibandingkan perkerasan jalan beraspal, sehingga panjang jalan beton sangat sedikit dibandingkan dengan panjang jalan aspal. Perkerasan beton yang paling banyak dilaksanakan di indonesia ialah perkerasan beton bersambung tanpa tulangan, padahal masih ada jenis perkerasan beton lainnya seperti perkerasan beton bertulang, pratekan, dan juga pracetak. Perkerasan beton dengan tulangan mulai dikembangkan di Indonesia, walupun sampai saat ini jumlahnya masih sangat terbatas.
 
Untuk menunjang keberhasilan pengembangan dan pembangunan jalan beton khususnya jalan beton dengan tulangan diperlukan pemahaman parameter - parameter yang terkait dengan perencanaannya. Parameter tersebut di antaranya ialah lapisan pondasi dan penulangnnya, yang mempunyai peran yang besar dalam perencanaan dan dalam menunjang keberhasilan suatu perkerasan beton yang baik.
 
Lapisan pondasi untuk jalan beton ini bermacam – macam mulai dari bahan berbutir sampai bahan yang distabilisasi dengan semen maupun aspal, dimana masing – masing jenis lapisan pondasi ini mempunyai keunggulan
vi Perencanaan Perkerasan Kaku dengan Tulangan
 
dan kelemahan, apalagi dikaitkan dengan perkerasan beton dengan tulangan.  
 
Penulangan pada jalan beton ini berbeda dengan penulangan pada konstruksi beton lainnya, baik dari cara kerja maupun fungsinya, sehingga pemahaman tentang tulangan untuk perkerasan jalan beton ini perlu difahami betul. Penulangan ini akan mempengaruhi kinerja perkerasannya sendiri, di mana tulangan yang tidak pas baik dalam jumlah maupun penempatannya akan memberikan kinerja yang tidak maksimal.  
 
Naskah ilmiah ini merupakan salah satu kontribusi Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan dalam penyediaan teknologi perencanaan perkerasan jalan beton dengan tulangan. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi para praktisi, akademisi maupun pelaksana lapangan.

Source:
-

Rights:
-

Relation:
-

Files :

Repositori Lainnya

Pilihan repositori lainnya