Pengembangan Teknologi Penggunaan Struktur Jembatan sebagai Sensor Identifikasi Jumlah dan Berat Kendaraan dalam Kondisi Bergerak
Creator: Widi Nugraha (Penulis); Gatot Sukmara (Penulis); Widi Nugraha (Penulis); Gatot Sukmara (Penulis)
Publisher: PUSJATAN
Contributor: Pusjatan
Format: PDF
Language: Indonesian
Identifier: 978-602-264-128-5
Description:
Penyusunan naskah ilmiah ini bertujuan untuk menguraikan kriteria dan aspek-aspek yang harus dikaji dalam pengembangan teknologi penggunaan struktur jembatan sebagai sensor identifikasi jumlah dan berat kendaraan dalam kondisi bergerak (WIM-Bridge), yang dilatarbelakangi kebutuhan untuk mengetahui beban lalu lintas apa yang sebenarnya dialami oleh infrastruktur jalan dan jembatan di Indonesia. Diharapkan dari kajian ini dapat memberikan suatu kriteria desain yang digunakan sebagai acuan, khususnya untuk pengembangan teknologi penggunaan struktur jembatan sebagai sensor identifikasi jumlah dan berat kendaraan dalam kondisi bergerak (WIM-Bridge) dan kemungkinan pengaplikasian WIM-Bridge di Indonesia. Puslitbang Jalan dan Jembatan telah mengembangkan beberapa metode untuk mengidentifikasi jumlah dan berat kendaraan dalam kondisi bergerak (Weigh-in-motion /WIM) yang menggunakan sensor yang dipasang di atas lapisan perkerasan jalan. Namun, pengukuran dengan jenis teknologi ini memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah daya tahannya yang cukup rendah, sehingga pengukuran hanya dapat dilangsungkan dalam waktu yang singkat, kurang dari satu minggu. Selain itu, pengukuran WIM di atas lapis perkerasan ini memiliki syarat kecepatan kendaraan yang lewat harus kurang dari 40 km/jam agar akurasinya tetap terjaga. Sehingga, selama dilakukan pengukuran WIM, lalu lintas harus dijaga dan dikontrol agar pengukuran dapat tetap akurat. Oleh karena itu, pengembangan sistem WIM yang lebih baik dilakukan oleh Puslitbang Jalan dan Jembatan. Salah satu program pengembangan sistem WIM adalah program pengembangan teknologi penggunaan struktur jembatan sebagai sensor identifikasi jumlah dan berat kendaraan dalam kondisi bergerak (WIM-Bridge) ini. Dalam naskah ilmiah ini, diuraikan beberapa kriteria dan ketentuan yang perlu diperhatikan dan diacu dalam pengembangan teknologi penggunaan struktur jembatan sebagai sensor identifikasi jumlah dan berat kendaraan dalam kondisi bergerak (WIM-Bridge) di Indonesia. Konsep dalam naskah ilmiah ini mengacu pada beberapa teknologi serupa yang telah berkembang di dunia,salah satunya adalah SiWIM Bridge WIM dari Slovenia yang dikembangkan oleh institusi riset ZAG Institute Slovenia dan perusahaan CESTEL. Semoga dengan pembahasan kriteria desain dalam naskah ilmiah ini dapat lebih membuka wawasan pengetahuan teknis yang diperlukan, khususnya untuk pengembangan teknologi penggunaan struktur jembatan sebagai sensor identifikasi jumlah dan berat kendaraan dalam kondisi bergerak (WIM-Bridge) di Indonesia, dan umumnya untuk kemajuan infrastruktur di Indonesia.
Source:
-
Rights:
-
Relation:
-
Files :