PENERAPAN TEKNOLOGI PERKERASAN BETON MENERUS dengan TULANGAN
Subject: Pavement
Creator: Aldian Nurcahya, S.T ., M.T ; Ir. Ida Rumkita Sebayang.M.Eng.Sc (Penulis); sri Mulyani (Penulis)
Publisher: PUSJATAN
Contributor:
Format: PDF
Language:
Identifier:
Description:
Pertumbuhan lalulintas di Indonesia sangat signifikan dalam beberapa tahun ini, diiringi dengan beban kendaraan yang juga meningkat. Pada jalan dengan perkerasan lentur maupu perkerasan kaku (beton) sering ditemui kerusakan dini akibat volume lalu lintas yang tinggi dan beban kendaraan berat. Perkerasan beton di Indonesia pada beberapa tahun ini telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Di mana sebagian besar pembangunan perkerasan jalan beton tersebut banyak dilakukan pada jalan tol, terutama pembangunan-pembangunan jalan tol baru. Penggunaan perkerasan beton ini terutama pada jalan-jalan tol yang baru adalah untuk dapat melayani beban lalu lintas yang cukup besar, dikarenakan pembangunan jalan tol adalah sebagian jalur alternatif untuk angkutan darat dapat mencapai yujuan yang dituju terutama untuk daerah Pulau Jawa. Salah satu kelemahan perkerasan beton adalah sambunan, sehingga kerusakan sering terjadi pada sambungan. Perkerasan beton menerus dengan tulangan ( CRCP, Continuously Reinforced Concrete Pavement) adalah jenis perkerasan beton yang tidak dimiliki sambungan melintang, kecuali berupa sambungan pelaksanaan.
Source:
-
Rights:
-
Relation:
-
Files :