Ekuivalen Kendaraan Ringan dan Kapasitas Dasar Jalan Perkotaan

Ekuivalen Kendaraan Ringan dan Kapasitas Dasar Jalan Perkotaan

Subject: Road Pavement; Road Pavement

Creator: Ir. Hikmat Iskandar, MSc, Ph.D (Penulis); Ir. Hikmat Iskandar, MSc, Ph.D (Penulis)

Publisher: PUSJATAN

Contributor: Pusjatan

Format: PDF

Language: Indonesian

Identifier: 977-602-8256-65-0

Description:

Sesuai dengan perkembangan perlalu-lintasan di Indonesia dan  pertimbangan para pakar dan praktisi,Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI’97) yang digunakan mulai tahun 1997, dipandang perlu untuk dimutakhirkan. Pemutakhiran dimulai dari Bab VI Jalan Luar Kota, dilanjutkan dengan Bab V Jalan Perkotaan, dan Bab VII Jalan Bebas Hambatan. Pada bab-bab tersebut, nilai-nilai ekuivalen kendaraan ringan dan kapasitas dasar dikaji ulang serta gaya penulisannya diperbaharui sesuai dengan gaya penulisan Badan Standarisasi Nasional tahun 2007. MKJI’97 berbeda dari Manual Kapasitas Jalan dari Negara barat (UK, USA, Australia, Jepang, dll) dengan alasan bahwa (foreword laporan MKJI phase I, tahun 1993): • Komposisi lalu lintas di Indonesia diantaranya terdiri dari porsi sepeda motor dan kendaraan fisik yang tinggi, dan • Tidak terjadinya aturan “right of way” di persimpangan dan titik-titik konflik yang lain, serta, yang sebelumnya belum disebutkan dalam MKJI’97,  • Tidak ada aturan bagi sepeda motor untuk melaju secara teratur berurutan dalam lajur lalu lintas, sepeda motor dapat bermanouver kekiri-kekanan sejauh berada dalam lajur lalu lintas. Naskah ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tim Litbang di Balai Teknik Lalu-lintas dan Lingkungan Jalan, Puslitbang Jalan dan Jembatan, Balitbang Kementrian Pekerjaan Umum. Tim telah melakukan pengukuran-penguruan arus lalu-lintas yang dipandang mewakili ruas-ruas jalan perkotaan di Indonesia. Hasil pengukuran tersebut menjadi dasar pengkinian nilai-nilai yang relevan. Dalam pengerjaannya, banyak hal yang disesuaikan dengan perkembangan perlalulintasan dewasa ini sehingga dimungkinakan belum tepat dan masih harus disempurnakan. Untuk hal ini, penyusun berharap kritik dan saran dari semua fihak bagi penyempurnaan naskah ini agar menjadi bermanfaat, dan untuk itu diucapkan terima kasih 

Source:
-

Rights:
-

Relation:
-

Files :

Repositori Lainnya

Pilihan repositori lainnya