Berita

Beranda Berita Tol Tebing Tinggi – Indrapura Akan Difungsionalkan Saat Nataru
Beranda Berita Tol Tebing Tinggi – Indrapura Akan Difungsionalkan Saat Nataru

Tol Tebing Tinggi – Indrapura Akan Difungsionalkan Saat Nataru

  •  30 Nov 2022
  • Berita/Umum
  • 1058 viewed
Tol Tebing Tinggi – Indrapura Akan Difungsionalkan Saat Nataru
Foto: Tol Tebing Tinggi – Indrapura Akan Difungsionalkan Saat Nataru

DELI SERDANG-BINA MARGA Seksi 1 Tol Tebing Tinggi – Indrapura sepanjang 20.4 Km di Sumatera Utara (Sumut) akan difungsionalkan untuk melayani arus mobilisasi Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023. Tebing Tinggi - Indrapura merupakan bagian dari ruas Tol  Kuala Tanjung – Tebing Tinggi- Parapat yang memiliki panjang tol 103,52 Km. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Junoasmono pada kegiatan Kunjungan Spesifik Komisi V DPR RI ke Sumatera Utara guna meninjau kesiapan infrastruktur dan transportasi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 pada Rabu (30/11/2022).

 

Berdasarkan progres konstruksi dan kondisi di lapangan, Yongki, panggilan akrab Triono Junoasmono menilai seksi Tebing Tinggi Indrapura sudah layak dilewati pengendara meski hanya sementara. Fungsionalisasi tol ini diharapkan mampu meningkatkan kenyamanan pengguna jalan di saat liburan atau arus mudik Nataru nanti.

 

“Secara prinsip Tol Tebing Tinggi-Indrapura ini akan coba kita fungsionalkan pada desember 2022 untuk arus Nataru,” jelas Yongki.

 

Selanjutnya Dia akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait kepastian tanggal buka-tutup tol tersebut.

 

Anggota Komisi V DPR dari Fraksi PDIP, Bob Andika Mamana Sitepu menyambut baik fungsionalisasi ruas Tebing Tinggi-Indrapura tersebut namun menghimbau pemerintah dan BUJT meningkatkan aspek pelayanan di ruas tol lain yang sudah operasional. Pasalnya, Bob kerap mendapat keluhan dari masyarakat bahwa sering terjadi antrian pembayaran tol, kemacetan di pertemuan jalan tol dan jalan non tol, hingga aspek keamanan.

 

“Kadang kita mengantri karena mobil di depan kurang saldo e-tol. Ketika mau isi ulang pun, petugas tidak ada. Nah ini kan bikin macet,” terangnya.

 

Yongki mengaku telah berkoordinasi dengan BUJT membuat rencana tindak lanjut masukan dari rekan Anggota Komisi V DPR. Adapun rencana tersebut meliputi pembuatan posko bersama, penambahan gerbang tol , rest area, penambahan personil, termasuk personel asistensi isi ulang saldo kartu tol elektronik.

 

“Rencana tindak lanjut tersebut penting untuk kita jalankan karena diperkirakan akan terjadi lonjakan penggunana jalan,” katanya.

 

Ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura merupakan Seksi 1 dari trase jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi- Parapat yang sedang proses konstruksi. Seksi lainnya yaitu Seksi 2 Kualatanjung-Indrapura sepanjang 18,05 KM, Seksi 3 Tebing Tinggi-Sebelawan sepanjang 30 Km, Seksi 4 Serbelawan- Pematang Siantar sepanjang 28 Km, Seksi 5 Pematang Siantar – Seribudolok sepanjang 22,3 Km, dan Seksi 6 Seribudolok – Parapat sepanjang 16,7 Km.

 

“Progress fisik pembangunan Tol Kuala Tanjung- Tebing Tinggi – Parapat sudah mencapai 68 persen. Kami menargetkan seksi 1 sampai dengan  3 selesai kwartal pertama 2023 dan seksi 4 pada kwartal kedua 2023,” pungkas Sekretaris BPJT. (ian)