Home Logo

ID EN

Pejabat Struktural Ditjen Bina Marga Tandatangani Pakta Integritas


 09 November 2016 |   Berita/Umum |   255

Pejabat Struktural Ditjen Bina Marga Tandatangani Pakta Integritas
Foto: Pejabat Struktural Ditjen Bina Marga Tandatangani Pakta Integritas

Pejabat Struktural Ditjen Bina Marga Tandatangani Pakta Integritas

Pejabat struktural Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga menandatangani pakta integritas di ruang Sapta Taruna, kampus Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pada Rabu (9/11). Penandatanganan yang disaksikan langsung oleh Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto dan Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti tersebut merupakan upaya mencegah terjadinya praktik korupsi, kolusi dan nepotisme di lingkungan Ditjen Bina Marga.  

Dalam kesempatan tersebut pejabat struktural yang melakukan penandatanganan adalah Pimpinan Tinggi Pratama Pusat yaitu Sekretaris Ditjen Bina Marga Bambang Sudiatmo, Direktur Pengembangan Jaringan Jalan Rachman Arief Dienaputra, Direktur Pembangunan Jalan Achmad Gani Ghazali Akman serta Direktur Preservasi Jalan Poltak Sibuea.

Turut menandatangani pakta integritas adalah para Kepala Balai Besar/Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN/BPJN) mulai dari I hingga 18 serta Kepala Balai Jembatan dan Terowongan Khusus. Dirjen Bina Marga, Arie Setiadi mengatakan dipilihnya Sesditjen, para Direktur serta para Kepala BBPJN/BPJN untuk tanda tangan adalah karena jabatan tersebut merupakan jabatan strategis dan penting.

“Seperti kita ketahui bersama, Bapak Menteri (PUPR) telah memulai (tanda tangan pakta integritas) dengan para Eselon I, ini kemudian kita lanjuti untuk Direktur dan Kepala Balai sebagai momentum Kementerian PUPR memasuki era baru dengan mengutamakan pelayanan lebih baik kepada masyarakat,” sebut Arie.

Dia melanjutkan untuk para pejabat di lingkungan Ditjen Bina Marga untuk membaca, memahami dan melaksanakan dengan sungguh-sungguh pakta integritas tersebut. Para Kabalai juga diminta untuk melakukan hal serupa yaitu tanda tangan pakta integritas untuk para Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dan para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)  yang berada di wilayahnya.

Dirjen Bina Marga juga meminta Kepala BBPJN/BPJN untuk hati-hati dan tidak mudah percaya kepada pihak-pihak lain yang mengaku sebagai orang dekat Menteri PUPR dan meminta melakukan hal-hal yang tidak sesuai ketentuan. Bila menghadapi  situasi tersebut, Arie mengatakan jangan sungkan untuk melapor langsung ke dirinya.

Dalam acara setengah hari tersebut, para pejabat struktural di lingkungan Ditjen Bina Marga juga mendapatkan materi Internalisasi manajemen sumber daya manusia dari Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti serta Kepala Pusat Penilaian Kompetensi dan Pemantauan Kinerja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Citra Mardi Rahayuningsih.