Berita

Beranda Berita Kunjungan kerja komisi V DPR RI ke Kabupaten Pekalongan
Beranda Berita Kunjungan kerja komisi V DPR RI ke Kabupaten Pekalongan

Kunjungan kerja komisi V DPR RI ke Kabupaten Pekalongan

  •  09 Sept 2021
  • Berita/Umum
  • 165 viewed
Kunjungan kerja komisi V DPR RI ke Kabupaten Pekalongan
Foto: Kunjungan kerja komisi V DPR RI ke Kabupaten Pekalongan

Komisi V DPR RI bersama Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan kunjungan kerja (kunker) spesifik ke Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, pada Rabu (8/9). Kunker Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Ridwan Bae ini dilakukan dalam rangka mendukung percepatan pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Pekalongan.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan Bae mengatakan dukungannya terhadap peningkatan kapasitas jalan strategis penghubung obyek wisata dan pusat ekonomi masyarakat Pekalongan yang saat ini kondisi jalannya mengalami kerusakan akibat hujan dengan intensitas tinggi pada Februari tahun 2021 dan belum dapat ditangani oleh pemerintah daerah karena keterbatasan anggaran akibat refocussing untuk penanganan Pandemi COVID-19.

“Pada bulan Februari 2021 lalu hujan deras dengan intensitas tinggi telah mengguyur wilayah Kabupaten Pekalongan dan telah membuat kerusakan menjadi lebih parah di sejumlah akses jalan dan menghambat mobilitas warga. Melalui surat dari Bupati bahwa dengan bergesernya prioritas penganggaran dari penanganan infrastruktur dialihkan untuk penanganan dampak COVID-19 maka banyak kerusakan infrastruktur yang tidak dapat ditangani oleh pemerintah daerah”, jelas Ridwan Bae.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Akhmad Cahyadi, mengungkapkan bahwa usulan jalan menuju akses wisata, kawasan industri, pertanian holtikultura, pertambak ikan, dan pusat perekonomian yang berada di wilayah Kabupaten Pekalongan akan dievaluasi dan kemudian dilakukan survei investigasi ke lapangan bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah – DIY untuk ditindaklanjuti.

“Dari seluruh usulan yang disampaikan, terdapat jalur ekonomi, wisata, pertambakan, pertanian dan Kawasan Industri Watusalam serta Jembatan Kali Jambe akan kita lakukan evaluasi survey investigasi ke lapangan bersama teman-teman dari Balai untuk kemudian di laporkan ke Bapak Menteri PUPR dan Dirjen Bina Marga. Mungkin jika tidak seluruh usulan, sebagian bisa ditangani dan diprioritaskan untuk bisa segera menumbuhkan perekonomian dari masyarakat” kata Akhmad Cahyadi.

Kepala BBPJN Jawa Tengah - DIY, Satrio Sugeng Prayitno yang juga turut mendampingi Kunker ini menyatakan bahwa Direktorat Jenderal Bina Marga juga sudah menyelesaikan pembangunan di wilayah Jawa Tengah, yaitu pembangunan jalan lingkar utara Brebes, jalan Kawasan Industri Tarpadu (KIT) Batang paket I.A dan I.B, dan flyover Ahmad Yani di Semarang. 

"Ketiga proyek itu sudah selesai 100% dan akan di resmikan secepatnya agar bisa digunakan oleh masyarakat" ucap Satrio dalam wawancara di kantor Bupati. 

Turut hadir dalam kunjungan kerja tersebut para Anggota Komisi V DPR RI, Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Akhmad Cahyadi, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah – DIY Satrio Sugeng Prayitno.