Berita

Beranda Berita Flyover Kopo Bandung Ditargetkan Selesai Lebih Cepat
Beranda Berita Flyover Kopo Bandung Ditargetkan Selesai Lebih Cepat

Flyover Kopo Bandung Ditargetkan Selesai Lebih Cepat

  •  01 Okt 2021
  • Berita/Umum
  • 97 viewed
Flyover Kopo Bandung Ditargetkan Selesai Lebih Cepat
Foto: Flyover Kopo Bandung Ditargetkan Selesai Lebih Cepat

Pembangunan flyover Kopo di Kota Bandung, Jawa Barat ditargetkan dapat terselesaikan lebih cepat dari perencanaan awal. Paket pekerjaan senilai Rp288 miliar tersebut dimulai pada 13 November 2020 dan semula dijadwalkan rampung pada 3 November 2022.  Lokasi flyover Kopo melewati persimpangan sebidang jalan raya Kopo dan jalan persimpangan Cibaduyut di Jalan Soekarno-Hatta. 

 

"Melihat progres saat ini yang melebihi target perencanaan awal, untuk konstruksi struktur flyovernya mungkin bisa sudah selesai pada Februari tahun depan," ungkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 4.5 Jawa Barat Heri Wahyu Wibowo pada akhir pekan lalu di lokasi pembangunan flyover tersebut. 

 

Progres fisik hingga Kamis (30/9) mencapai 42,91 persen. Sebagai informasi sejak Jumat (24/9) pengerjaan di lapangan sudah memasuki tahapan pengangkatan balok beton (erection girder), dan sampai Kamis (30/9) sudah berhasil mengangkat dan memasang 9 girder. 

 

Untuk meminimalkan gangguan pekerjaan terhadap arus lalu lintas di sekitar lokasi pembangunan, Heri menuturkan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Korps Lalu Lintas dan Dinas Perhubungan setempat. Selain menjalankan rekayasa lalu lintas, PPK 4.5 Jawa Barat juga melakukan pelebaran jalan dua lajur. 

 

"Jalan Soekarno-Hatta yang merupakan lokasi pekerjaan pembangunan memiliki enam lajur, untuk pengerjaan ini memang memakai tiga lajur, namun sebelum pekerjaan dilakukan kami sudah melebarkan jalan dua lajur sehingga diharapkan dapat mengurangi gangguan terhadap arus lalu lintas," sebutnya. 

 

Jalan Soekarno-Hatta wilayah Kopo merupakan jalur utama komuter untuk wilayah Cimahi-Bandung. Selain itu pada area tersebut juga ada dua akses tol yaitu Tol Kopo dan Tol Pasir Koja. Karena alasan tersebut, jalan Soekarno-Hatta kerap mengalami kemacetan. Keberadaan flyover Kopo nantinya diharapkan dapat mengurangi kepadatan arus kendaraan. 

 

Untuk meminimalkan gangguan terhadap sekitar, konstruksi flyover yang memiliki dua bentang 46 meter dan 43 meter ini juga menggunakan Hydraulic Static Pile Driver (HSPD). Ini merupakan alat pancang jenis statis dimana cara bekerjanya dengan menekan bukan memukul. sehingga mengurangi getaran dan suara (kebisingan) dalam kerjanya.

 

Flyover Kopo menggunakan dua jenis balok beton pracetak yaitu PCI girder dan PCU girder. Jumlah PCI girder yang dipergunakan sebanyak 171 unit dengan berat masing-masing sebesar 85 ton. Sedangkan untuk PCU girder yang dipakai ada 12 unit dengan berat masing-masing mencapai 200 ton. (rnd)