Berita

Beranda Berita Dukung Mudik Lebaran, Ditjen Bina Marga Luncurkan Layanan Mudik.pu.go.id dan Command Center 24 Jam
Beranda Berita Dukung Mudik Lebaran, Ditjen Bina Marga Luncurkan Layanan Mudik.pu.go.id dan Command Center 24 Jam

Dukung Mudik Lebaran, Ditjen Bina Marga Luncurkan Layanan Mudik.pu.go.id dan Command Center 24 Jam

  •  24 Mar 2025
  • Berita/Umum
  • 296 viewed
Foto: Dukung Mudik Lebaran, Ditjen Bina Marga Luncurkan Layanan Mudik.pu.go.id dan Command Center 24 Jam

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jenderal Bina Marga meluncurkan website layanan mudik yaitu mudik.pu.go.id dan Layanan Command  Center 24 Jam. Platform layanan informasi ini dirancang khusus untuk para pemudik dalam merencanakan perjalanan mereka dengan lebih aman, nyaman, dan lancar. Layanan ini memberikan informasi antara lain jalur mudik, kemudian informasi tentang posko-posko, peta rawan bencana, peta rawan macet dan lainnya. hal tersebut diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo saat peluncuran Layanan mudik.pu.go.id dan Command Center 24 Jam pada hari Jum’at (21/03/2025) Jakarta.

"Website mudik.pu.go.id sebagai kanal informasi digital terbaru untuk membantu masyarakat dalam perjalanan mudik Lebaran 2025. Apa saja yang sudah kami kerjakan, agar masyarakat yang mudik bisa sangat terbantu dengan menggunakan portal ini," ujar Dody

Dody menyampaikan, peluncuran website ini merupakan bagian dari upaya Kementerian PU untuk mendukung kelancaran arus mudik. Sesuai arahan Presiden RI agar infrastruktur yang sudah terbangun selama ini, yang sudah dikelola selama ini benar-benar memberikan manfaat nyata untuk para pemudik di hari-hari besar nasional seperti sekarang ini.

“Kami tentunya sangat mengharapkan para pemudik berkenan mengakses layanan ini agar proses perjalannya bisa bertambah lancar dan menyenangkan. Kami juga percaya bahwa infrastruktur dan teknologi yang baik akan semakin mampu meningkatkan kualitas perjalanan para pemudik, tentunya harapan kami tidak ada lagi kemacetan-kemcaten dijalan raya dan di jalan tol,” harap Dody.

Dody menambahkan, dengan layanan ini para pemudik dapat melihat kondisi jalan yang akan dilalui, dan bisa membaca peta-peta alternatif jalan sehingga perjalannya bisa menyenangkan.

"Harapannya cuman satu agar para pemudik dapat berangkat selamat dan bahagia, pulang kerumah, kembali ke tempat asal tepat waktu selamat dan juga berbahagia,” ucap Dody.

Dirjen Bina Marga Roy Rizali Anwar saat peluncuran layanan Command Center 24 jam dan website mudik.pu.go.id menyampaikan Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah memastikan kesiapan posko pelayanan, alat berat, serta material tanggap darurat guna menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan pemudik. 

“Melalui Layanan Command Center 24 Jam, petugas kami siap melayani pemudik dalam memberikan informasi terkini terkait dengan kondisi lalu lintas, menerima keluhan masyarakat, serta menangani laporan kejadian darurat, termasuk bencana alam. Layanan ini dapat diakses melalui WhatsApp 0822 8885 8884 atau telepon 158,” ucap Doy

Roy menambahkan, adapun website mudik.pu.go.id akan menyediakan berbagai informasi penting untuk pemudik, dimana hingga 20 Maret 2025 telah tersedia informasi antara lain, 535 titik Posko Pelayanan PU di jalan nasional, 373 lokasi alat berat dan 172 lokasi material untuk tanggap darurat bencana, 721 titik rawan longsor, 375 titik rawan banjir, 222 titik rawan kecelakaan dan 360 titik rawan kemacetan. serta

Pantauan CCTV jalan tol dan non-tol, informasi tarif tol, lokasi rest area, serta peta curah hujan.

“Dengan memanfaatkan layanan ini, diharapkan masyarakat dapat merencanakan mudik dengan baik sehingga mudik dalam dilakukan dengan lebih aman, nyaman, dan lancar. Kami berharap layanan ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya yang akan melakukan mudik dan dalam kesempatan ini tentunya kami ingin mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Mudik Tenang dan Menyenangkan,” tutup roy.