Berita

Beranda Berita Ditjen Bina Marga Tingkatkan SDM Bidang Kompetensi Umum
Beranda Berita Ditjen Bina Marga Tingkatkan SDM Bidang Kompetensi Umum

Ditjen Bina Marga Tingkatkan SDM Bidang Kompetensi Umum

  •  29 Apr 2024
  • Berita/Umum
  • 134 viewed
Ditjen Bina Marga Tingkatkan SDM Bidang Kompetensi Umum
Foto: Ditjen Bina Marga Tingkatkan SDM Bidang Kompetensi Umum

Sekretariat Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga mengadakan acara Pekan Pengembangan Kompetensi Umum bagi pegawai di lingkup bidang tugas Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Marga yaitu Bidang Komunikasi Publik, Bidang Keuangan, dan Bidang Kepegawaian pada hari Senin sampai dengan Jum’at, tanggal 29 Maret sampai dengan 03 April 2024 di Provinsi Bali.

Pengembangan Kompetensi Pegawai ini menjalankan amanat dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Reformasi Birokrasi Nomor 2 tahun 2023 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai ASN untuk mewujudkan pegawai yang berintegritas, berkinerja tinggi dan profesional. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Bina Marga Ande Akhmad Sanusi saat mewakili Sekretaris Ditjen Bina Marga pada saat pembukaan acara, Senin siang (29/04/24) di Wisma Bima II Bali.

“Tujuan dari kegiatan hari ini adalah menciptakan pegawai Direktorat Jenderal Bina Marga khususnya yang membidangi komunikasi publik, keuangan dan kepegawaian yang berintegritas tinggi yang berkinerja tinggi dan professional,” ungkap Ande.

Ande mengatakan, bidang komunikasi publik yang diadakan pada tanggal 29 April 2024, dengan judul Bimbingan Teknis Pelatihan Voice Over dalam pembuatan video ini diikuti oleh teman teman yang membidangi komunikasi publik. Dengan harapan bahwa pembangunan infrastruktur yang sangat masif ini bisa tersampaikan informasi kepada masyarakat.

“Caranya dengan banyak wadah, banyak sarana media digital, dan salah satunya adalah video. Dan video ini tentunya selain kecepatan membuatnya, ketepatan esensi atau substansinya, ada satu hal yang perlu kita kuasai, yaitu Voice Over,” ujarnya.

Kepala Bidang Hukum dan Komunikasi Publik menambahkan, agenda selanjutnya akan diadakan pada tanggal 2 - 3 Mei 2024 untuk kegiatan Bimbingan Teknis Bidang Kepegawaian yang akan dilaksanakan di kantor Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Provinsi Bali. Sedangkan untuk Pengelolaan Keuangan di Wisma Bima II.

“Untuk kepegawaian substansinya sesuai dengan kepegawaian misalnya tata cara penjatuhan sanksi disiplin, tata cara proses administrasi jabatan fungsional (jafung), bahkan sampai ke hal-hal seperti perceraian. Untuk bidang Keuangan substansi yang akan disampaikan oleh para narasumber adalah tata cara pemotongan pemungutan, penyetoran, dan pelaporan pajak, penilaian IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran), dan tata cata sertifikasi SNT dan BNT,” sambung Ande.

Kegiatan pekan pengembangan kompetensi umum ini diikuti oleh pegawai-pegawai setiap unit kerja Direktorat Jenderal Bina Marga yang sesuai dengan bidang pekerjaannya.