Berita

Beranda Berita Tingkatkan Kemampuan Petugas Kompu Balai, Ditjen Bina Marga Adakan Pelatihan Bidang Media Sosial
Beranda Berita Tingkatkan Kemampuan Petugas Kompu Balai, Ditjen Bina Marga Adakan Pelatihan Bidang Media Sosial

Tingkatkan Kemampuan Petugas Kompu Balai, Ditjen Bina Marga Adakan Pelatihan Bidang Media Sosial

  •  27 Juli 2024
  • Berita/Umum
  • 105 viewed
Foto: Tingkatkan Kemampuan Petugas Kompu Balai, Ditjen Bina Marga Adakan Pelatihan Bidang Media Sosial

Labuan Bajo – Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Marga menyelenggarakan Workshop Penguasaan Konten Kreatif : Stay Ahead of The Trends dalam rangka meningkatkan kemampuan membuat konten sosial media bagi para petugas Komunikasi Publik (Kompu) di Balai Besar/Balai Pelaksanaan Jalan Nasional dan Balai Teknis Direktorat Jenderal Bina Marga. Peningkatan Kompetensi ini mencakup persiapan pembuatan konten, produksi konten dan evaluasi terhadap konten. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis-Jumat (25-26/07/2024) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Bagian Hukum dan Komunikasi Publik, Ande Akhmad Sanusi, saat membacakan sambutan Sekretaris Jenderal Bina Marga mengatakan, diharapkan konten yang dibuat oleh para petugas komunikasi publik ditingkat Balai dapat dijadikan referensi utama bagi masyarakat untuk mencari informasi mengenai infrastruktur jalan dan jembatan.

“Kegiatan workhop kita hari ini bertemakan penguasaan konten kreatif Stay Ahead of The Trends. Tentunya workshop ini sangat bermanfaat, dan akan berfokus bagaimana mengelola media sosial. Jadi kalau kita lihat judul tentunya kita akan berbicara bagaimana menguasai terhadap penguasaan konten kreatif,” ujar Ande.

Ande menjelaskan, Kementerian PUPR ini termasuk didalamnya Ditjen Bina Marga, telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan infrastruktur. Maka dari itu perlu adanya keterbukaan informasi dan publlikasi terhadap pembangunan yang sudah dilakukan, agar masyarakat mengetahui dan memahami. Khususnya untuk Ditjen Bina Marga yang bertugas membangun jalan nasional, jalan tol dan jembatan.

“Publikasi ini tentu banyak metode dan banyak teknik, salah satu tools yang kita gunakan adalah media sosial (medsos). Tentunya pengelolaan medsos itu kontennya harus bagus dan kreatif, agar konten yang kita buat menghasilkan sebuah produk yang menarik untuk disebar luaskan,” ucap Ande.

Dirinya menambahkan bahwa pembuatan konten tak hanya pada tahap persiapan dan produksi. Namun setelahnya harus dilakukan evaluasi, apakah efektif dan efisien serta tepat sasaran.

Untuk itu, Erenn Pratama selaku narasumber dalam workshop ini membawakan materi tentang persiapan, eksekusi, dan evaluasi konten media sosial. Sebagai seorang Social Media Strategist, Erenn menyatakan, manajemen media sosial yang efektif memungkinkan instansi pemerintah untuk berinteraksi lebih baik dengan masyarakat.