Berita

Beranda Berita Songsong Hari Jalan, Ditjen Bina Marga PUPR Gelar Workshop dan Lomba Foto
Beranda Berita Songsong Hari Jalan, Ditjen Bina Marga PUPR Gelar Workshop dan Lomba Foto

Songsong Hari Jalan, Ditjen Bina Marga PUPR Gelar Workshop dan Lomba Foto

  •  08 Okt 2021
  • Berita/Umum
  • 60 viewed
Songsong Hari Jalan, Ditjen Bina Marga PUPR Gelar Workshop dan Lomba Foto
Foto: Songsong Hari Jalan, Ditjen Bina Marga PUPR Gelar Workshop dan Lomba Foto

Menyongsong Hari Jalan yang akan diperingati pada 20 Desember mendatang, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga mengadakan Workshop Online dan Launching Lomba Foto Bina Marga 2021. Workshop yang diselenggarakan pada Jumat (8/10) menghadirkan narasumber Dita Alangkara, fotografer profesional dari Associated Press Indonesia & Timur Leste dan Dion Wiyoko yang merupakan seorang aktor dan pegiat fotografi. 

Selain kedua narasumber tersebut workshop fotografi yang mengusung tema Jalan Berkeselamatan : Aman Nyaman Sampai Tujuan juga menampilkan Muhammad Idris dari Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan Ditjen Bina Marga. Idris menyampaikan materi mengenai apa yang dimaksud dengan jalan berkeselamatan. Dia pun menyajikan informasi terkait konsep regulating road, self explaining road dan forgiving road.

Sementara Dita menyampaikan materi bagaimana foto bisa bercerita. Menurutnya foto adalah sebuah medium untuk menyampaikan ide ataupun pesan apa yang ingin disampaikan melalui foto yang dihasilkan. Setelah itu, sang fotografer bisa mengeksplore ide dan angle dengan kreatifitas yang dimilikinya. Dari sisi teknis, Dita menyinggung mengenai foto yang memiliki kekuatan energi, seperti contohnya wajah seseorang.

“Apa yang perlu diperhatikan adalah elemen-elemen apa saja yang energinya saling terkait, saling menguatkan, saling menunjang untuk flow of energy yang tidak terputus. intinya bagaimana orang melihat foto kita itu kuat dan menarik,” ungkapnya.

Sementara Dion bercerita bagaimana dia bisa tertarik menggeluti hobi fotografi. Dirinya memulai foto dari handphone hingga kamera profesional. Minat fotografinya dimulai dengan otodidak yang didorong awalnya karena hobinya traveling. Dion pun melanjutkan dengan eksplor teknik-teknik dasar fotografi dari youtube.

“Awalnya bingung, lalu bertanya kepada teman-teman yang fotografer, buka youtube tutorial banyak sekali dari internet, belajar dari situ, lalu juga belajar foto editing juga,” ungkap Dion.

Lebih lanjut, aktor tersebut mengakui genre fotografinya lebih kepada foto-foto landscape karena didasari minat travelingnya. namun dirinya berusaha menampilan hal beragam seperti foto human interest, arsitektur maupun street fotografi.

“Saya senang mengeksplore suatu daerah, lalu berpikir apa yang ingin disampaikan apa yng ingin diabadikan, saya sering mengangkat budaya, keriuhan malam hari suatu kota,” sambungnya.

Workshop online selama dua jam tersebut berlangsung menarik karena juga diisi games untuk para peserta dengan hadiah uang elektronik. para peserta juga bisa bertanya kepada ketiga narasumber tersebut. Pada akhir sesi, dilakukan launching Lomba Foto Bina Marga 2021. Tema lomba adalah Jalan Berkeselamatan : Aman Nyaman Sampai Tujuan. Kompetisi tersebut berlangsung 8 Oktober – 21 November 2021. Sementara untuk juri lombanya selain Dita dan Dion adalah Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga, Budi Harimawan Semihardjo.