Home Logo

Kepala BPJN Sumbar Terima Kunjungan Kerja Anggota Komisi V DPR RI di Kabupaten Solok


Selasa, 06/02/2024 00:00:00 WIB |   Berita/Umum |   147

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat Thabrani mendampingi kunjungan kerja anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi untuk melihat hasil pembangunan Inpres Jalan Daerah (IJD) peningkatan Jalan Kapujan – Rimbo Data, Kabupaten Solok, Selasa (6/2/2024).

Athari menyampaikan terima kasihnya kepada BPJN Sumatera Barat yang telah membantu pelaksanaan pembangunan IJD dengan sangat baik, karena jalan ini dapat mengangkat keterpurukan masyarakat di Tigo Lurah dari keterisoliran.

“Hari ini kita sama-sama bisa melihat bagaimana IJD ini bisa membantu akses jalan bagi daerah yang terisolir di Kabupaten Solok dan Tigo lurah ini," terang Athari.

Athari menambahkan Tigo Lurah merupakan salah satu daerah yang sangat terisolir sejak lama dan di sana ada lima Nagari, semua melapor kepada kami karena mereka perlu akses jalan yang lebih baik.

"Alhamdulilah jalanya sudah selesai dilaksanakan. Terima kasih kepada pemerintah pusat dan Kementerian PUPR yang telah membantu pembangunan di daerah melalui kegiatan IJD ini mengingat anggaran di daerah sangatlah terbatas," kata Athari.

Kepala BPJN Sumbar Thabrani mengatakan sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah, BPJN Sumatera Barat di tahun ini telah melaksanakan paket kegiatan IJD ini di 8 lokasi salah satunya di Kabupaten Solok.

“Hari ini kita sama-sama dapat melihat jalan ini telah selesai dilaksanakan walaupun ada sedikit kendala karena masalah cuaca, alhamdulilah semua dapat dilalui dengan sangat baik," jelas Thabrani.

Thabrani menambahkan jalan di Kabupaten Solok dibangun sepanjang 9 Kilometer (4,50 Km dari Kapujan dan 4,50 Km dari Rimbo data) masih ada 7,25 Km lagi jalan yang belum di aspal sudah dilakukan pengerasan.

Saat ini, jalan dari Kapujan menuju Rimbo Data dapat ditempuh selama 45 menit yang sebelumnya bisa ditempuh 2 sampai 3 jam perjalanan dan jalan ini dapat terkoneksi ke lima Nagari di Kabupaten Solok.

"Kami berharap kepada pemerintah daerah dan masyarakat yang melewati jalan ini bisa menjaga dan merawat jalan ini, karena merawat lebih susah dari pada membangun," tutup Thabrani.

Bupati Kabupaten Solok Epyardi Asda dalam keterangannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Republik Indonesia dan Kementerian PUPR.

“Kami atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Solok sangat berterima kasih kepada Presiden dan Kementerian PUPR dengan adanya program IJD peningkatan jalan Kapujan – Rimbo Data ini. Kalau kami sebagai pemerintah daerah tidak akan sanggup membangun jalan sebagus ini karena keterbatasan anggaran kami di daerah, dan alhamdulilah pada hari ini telah selesai dilaksanakan. Semoga dengan adanya jalan ini bisa meningkatkan hasil perekonomian masyarakat Kabupaten Solok khususnya daerah Tigo Lurah,” Ujar Epiyardi Asda.

Turut hadir dalam kunjungan ini Kasi Preservasi Ricky Shuhendry,Kasatker PJN II Andi Mulya Rusli dan Perangkat daerah Kabupaten Solok. (rs/ps/bpjnsumbar)