PENGARUH FAKTOR DURASI WAKTU MENGEMUDI TERHADAP TINGKAT KELELAHAN PENGEMUDI DALAM PENENTUAN LKASI REST AREA
Main Article Content
Abstract
Tingkat kelelaan merupakan sebuah faktor yang dapat dikaji dalam upaya penentuan lokasi rest area (tempat istirahat) bagi sopir jarak jauh terutama yang melintasi jalan-jalan arteri primer. Dalam hal ini tingkat kelelahan merupakan suatu ikuran untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik sopir terbebani oleh perjanan yang telah ditempuhnya. kondisi fisik ini dapat diamati dari respon indera perasaanya terhdap rangsang, seperti respon terhadap cahaya dan suara ditetapkan untuk kondisi fisik yang normal dan sehat.
Peranrest are itu sendiri menjadi penting terutama untuk jalan arteri antar kota yang sangat panjang dengan kapasitas dan kecepatan lalu lintasnya tinggi. Masalah reduksi kecelakaan lalu lintas menjadi sebuah faktor penting yang menjadi sasaran akhir perancangan dan penataan dari lokasi yang tepat diharapkan menjadi faktor yang signifikan erhadap pengurangan penyebab faktor keccelakaan lalu lintas yang pada umunyna banyak terjadi karena faktor human erroe.
Penelitian dilakukan dengan ngadakan uji Flicker terhadap beberapapengemudi di ruas jalan pantura. Dari uji ini diperoleh faktor tingkat kelelahan dengan diperolehnya respon indera perasa terhadap suara dan cahaya, dalam pengkajian lebih lanjut diilakukan pula pendataan terhadap usia sopir dan lamanya mengemudi. Dari hasil ini dilakukan pengujian keterhubungan antara tingkat kelelahan dan lamanya mengemudi sehingga diharapkan dapat dilakukan penentuan lokasi rest area yang sesuai dengan rata-rata waktu mengemudi dan terhadap tingkat kelelahan.
Article Details
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License, which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors may enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work.
Each submitted manuscript must be accompanied by a "Manuscript Originality Statement" and a "Copyright Transfer Statement".