KOREKSI NILAI LENDUTAN PER - KERASAN JALAN DENGAN ALAT BENKELMAN BEAM

Isi Artikel Utama

A.Tatang Dachlan

Abstrak

Prosedur pengujian lendutan sesaat atau transient deflection dengana/at Benkelman Beam adalah salah satu metode pengukuran lendutan perkerasan jalan yang digunakan oleh Pusat Utbang Jalan, TRRL- lnggris dan negara - negara /ainnya. Pengukuran lendutan yang biasa digunakan adalah /endutan balik, yaitu besarnya lendutan vertikal suatu permukaan j alan akibat dihilangkannya beban. Lendutan sesaat adalah besarnyalendutan vertika/ akibat lewatnyabeban. Berbeda dengan pengukur an lendutan balik yang selama ini digunakan Bina Marga untuk salah satu tujuan penilaian struktur perkerasanjalan atau untuk tujuan perencanaan teknik perkerasan baru atau lapis tambahan di atas perkerasan lama. Pengukuran  lendutan-sesaat ini lebih didasarkan pada penilaian adanya ketidak seragaman lapis perkerasan yang ada di bagian bawahnya, sehingga dengan mengukur lendutan sesaat diharapkan akan diperoleh suatu nilai lendutan yang sesuai dengan kondisi beban la/u lintas yang mela/uinya. Pada pengukuran lendutan balik, maka sedikitnya ada unsurbeban statis yang menekan titik uji sertapengukurannya relatip lebih lama dibandingkan dengan pengukuran lendutan sesaat. Dari hasil penelitian ini ternyata diper/ukan suatu cara pengukuran yang sesungguhnya perlu direvisi agar hasil-hasil pengukuran ini dapat dika/ibrasi secara lebih tepat dan dapat dilaporkan sebagai nilai lendutan perkerasan jalan yang sudah dikoreksi pada suhu standar 3SJ C.

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges