EVALUASI NUMERIK METODE PENGGALIAN TEROWONGAN CISUMDAWU

Isi Artikel Utama

I Gde Budi Indrawan
Ridwan Umbara
Fahmi Aldiamar

Abstrak

Makalah ini menampilkan hasil penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi metode penggalian Terowongan Cisumdawu sisi kiri (barat) menggunakan metode numerik. Menggunakan data hasil penyelidikan tapak dalam proses perancangan dan data hasil face mapping di delapan stasiun titik amat, penggalian terowongan dengan metode bench cut (multiple), full face with bench cut dan centre diaphragm dimodelkan secara numerik dalam dua dimensi menggunakan metode elemen hingga. Hasil pemodelan numerik dibandingkan dengan hasil pengukuran lapangan untuk menentukan metode penggalian yang paling sesuai diterapkan di Terowongan Cisumdawu. Hasil penelitian menunjukkan roof displacement terowongan dengan metode penggalian bench cut (multiple) yang diperoleh dalam pemodelan numerik mendekati roof displacement pada pengukuran lapangan. Metode penggalian bench cut (multiple) yang diterapkan di lapangan menghasilkan nilai roof displacement lebih rendah dibandingkan metode full face with bench cut dan centre diaphragm. Namun demikian, ketiga metode penggalian tersebut masih memenuhi batasan nilai displacement maksimum 10 cm yang ditentukan dalam JSCE (2007) dan menghasilkan nilai roof strength factor > 1,25 yang menunjukkan terowongan  dalam kondisi stabil.

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges