MODEL PENURUNAN KONDISI PERKERASAN DENGAN BETON ASPAL SEBAGAI LAPIS PERMUKAAN:HASIL KALIBRASI MODEL HDM-III

Isi Artikel Utama

Salim Mahmud

Abstrak

Untuk keperluan perencanaan umum, penyusunan program dan penetapan biaya dewasa ini di Indonesia digunakan. Sistem Manajemen Pemeliharaan Jalan Inter-urban (IRMS), dimana untuk pengoperasian sistem tersebut diperlukan model-model penurunan kondisi perkerasan yang teliti. Sebagai bagian program kerja sama. Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Prasarana Jalan bersama dengan kondisi perkerasan untuk kondisi di Indonesia. Hasil pegembangan tersebut menunjukan bahwa faktor kalibrasi tergantung pada mutu pelaksaan dan pemeliharaan terein dan mutu campuran. Tulisan ini menguraikan model-model untuk memprediksi retak, kedalamaan alur dan ketidakrataan sebagai hasil kalibrasi model-model HDM-III untuk lapis permukaan beton aspal.

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges