PENGARUH JUMLAH KENDARAAN BERAT TERHADAP TINGKAT KEBISINGAN DI JALAN ATERI PRIMER
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tingkat kebisingan merupakan suatu alat untuk mempridiksi besar kecilnya pengaru gangguan suara yang kehadirannya tidak diinginkan yang terjadi dalam suatu ruas jalan. Ruas jalan tertentu memiliki karakteristik komposisi kendaraan yang relatif berbeda dengan ruas jala lainnya sehingga sebaiknya karakteristik itu dapat ditemu kenali menggunakan metoda evaluasi tertentu.
Pada penelitian ini ruas jalan yang diamati adalah ruas jl. Tol Jakarta Cikampek, dengan kerakteristik lalu lintas umunya didominasi oleh kendaraan umum dan angkutan barang. Angkutan barang yang menjadi ciri khas daerah di sekitar ruas jalan ini adalah banyaknya kendaraan berat seperti truk gandengan, tandem dan truk kontainer. Kondisi lalu lintas yang terlihat mencolok dengan hadirnya kendaaan berat dalam ruas jalan ini menjadi salah satu variabel penting yang diduga secara nyata mepengaruhi tingkat kebisingan lalu lintas yang akan diuji pada ruas jalan tersebut.
Analisi statistik tingkat kebisngan lalu lintas yang dihasilkan menunjukan bahwa pada ruas jalan Tol Jakarta Cikampek dengan komposisi kendaraan berat lebih dari 20% secara signifikan tingkat kebisingan dipengaruhi oleh komposisi kendaraan berat yang melaluinya ditunjukkan ole nilai signifikansi sebesar 0.011 (memenuhi kriteria 0.05 atau 5%). Tingkat kebisingan pada ruas jalan yang diteliti sudah sangat melebihi ambang batas yang sehat sehingga perlu dilakukan penanganan lebih lanjut.
Rincian Artikel
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, dimasukan ke repositori institusi atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diijinkan untuk memposting data/karya tulis ilimiah yang terdahulu secara online (mis., repositori institusi atau di situs web penulis) karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang terdahulu.
Setiap naskah yang dikirimkan harus disertai dengan "Pernyataan Keaslian Naskah", dan "Pernyataan Copyright Transfer".