PENERAPAN BETON PRATEGANG PARSIAL PADA JEMBATAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Jembatan - jembatan beton prategang yang ada kebanyakan direncanakan dengan sistem prategang penuh yang biayanya relatif besar. Salah satu cara untuk menghemat biaya adalah dengan menerapkan sistem beton prategang parsial dengan menggunakan kabel prategang sebagai tulangan aktif dan tulangan biasa sebagai tulangan pasif. Dalam tulisan ini dikemukakan konsep perhitungan perencanaan dan biaya dari suatu balok prategang parsial jika dibandingkan dengan prategang penuh.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Roads and Bridges
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, dimasukan ke repositori institusi atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diijinkan untuk memposting data/karya tulis ilimiah yang terdahulu secara online (mis., repositori institusi atau di situs web penulis) karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang terdahulu.
Setiap naskah yang dikirimkan harus disertai dengan "Pernyataan Keaslian Naskah", dan "Pernyataan Copyright Transfer".