PENGGUNAAN AGREGAT SUB STANDAR DAN AGREGAT LOKAL UNTUK CAMPURAN BERASPAL

Isi Artikel Utama

Leksminingsih Leksminingsih

Abstrak

Penelitian penggunaan agregat sub standar dan agregat lokal untuk bahan perkerasan jalan, meliputi perencanaan campuran beraspal menggunakan : agregat standar, agregat standar yang tidak memenuhi persyaratan,marmer, slag, dan gamping. Dari ke lima jenis agregat itu yang memenuhi persyaratan untuk campuran beraspal adalah agregat standar, slag dan gamping. Agregat gamping mempunyai stabilitas Marshall tertinggi (1820 kg), stabilitas dinamis tertinggi dicapai oleh campuran beraspal menggunakan agregat slag (2100 lintasan/menit), penurunan deformasi pemanen terendah oleh agregat slag. Modulus antara agregat slag dan standar mempunyai nilai yang sama, campuran dengan agregat gamping mempunyai modulus terendah pada 25oC lebih rendah 41% terhadap standar. Perencanaan campuran menggunakan agregat marmer tidak memperlihatkan hasil yang baik, stabilitas Marshall lebih rendah 16,7%, kenaikan deformasi 18% dan stabilitas dinamis turun 52% terhadap standar, begitu pula dengan agregat sub standar mempunyai nilai stabilitas sisa <75% terhadap semula. Dengan hasil yang telah diperoleh di laboratorium ini, sebaiknya dilakukan uji coba di lapangan supaya mendapatkan hasil yang sesuai dengan kinerja di laboratorium.

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges