PENGARUH KEKURANG-TEPATAN DATA MASUKAN DALAM PERENCANAAN PERKERASAN JALAN LENTUR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pada umumnya metoda perencanaan perkerasan yang digunakan di Indonesia adalah adopsi dari metoda perencanaan AASHTO atau TRL, seperti halnya metoda perencanaan perkerasan jalan lentur dengan analisa komponen. Berhasil baiknya perencanaan perkerasan adalah tergantung terhadap kelengkapan dan keakuratan data masukan yang digunakan, yaitu diantaranya data lalu lintas, faktor lingkungan atau faktor regional dan indek permukaan akhir (IPt).
Makalah ini membahas tentang dampak kekurang-tepatan data masukan pada perencanaan yang digunakan terhadap hasil perencanaan. Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa ketidak-tepatan menetapkan ekivalen beban subu kendaraan yang diperkenalkan Austroad (1992) dapat memberikan dampak yang cukup signifikan
Rincian Artikel
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, dimasukan ke repositori institusi atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diijinkan untuk memposting data/karya tulis ilimiah yang terdahulu secara online (mis., repositori institusi atau di situs web penulis) karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang terdahulu.
Setiap naskah yang dikirimkan harus disertai dengan "Pernyataan Keaslian Naskah", dan "Pernyataan Copyright Transfer".