Kajian Pemanfaatan FWD Sebagai Alat Uji Struktur Perkerasan Jalan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Puslitbang Prasarana Transportasi sejak tahun 1990-an telah memiliki alat Falling Weight Deflectometer (FWD), sebagai salah satu alat untuk uji kinerja struktur perkerasan jalan yang telah dilengkapai dengan sistem komputer (Computerize) untuk ketepatan dan kecepatannya. Evaluasi dalam pemanfaatannya belum pernah dilaksanakan, untuk itu dilakukan kajian terhadap alat FWD apakah dalam pengelolaannya optimal secara teknis, maupun ekonomis untuk memenuhi perinsip-perinsip manajemen.
Kapasitas FWD baru mencapai 251.280 titik < 404.000 titik (Dynates-8002), jadi FWD belum optimal dari segi kemampuan teknis, namun dalam opersionalnya telah sesuai prosedur berdasarkan fungsi manajemen. Karena terbatasnya permintaan kerjasama dan jasa pelayanan FWD, agar optimal secara teknis dan ekonomis dapat dilakukan dengan peningkatan kapasitas menjadi 40.000 titik pertahun bila ingin memaksimalkan keuntungan atau meningkatkan harga sewa dari Rp 25.000,- menjadi Rp 36.000,- per-titik, bila untuk meminimalkan kerugian.
Pilihan alternatif tersebut di atas perlu dilakukan suatu evaluasi sehingga keluaran yang dihasilkan optimal, dengan memperhatikan tujuan utama pemanfaatan FWD adalah untuk kebutuhan pelayanan litbang, sedangkan kapasitas lebih FWD dimanfaatkan untuk pelayanan jasa dengan pihak-pihak lain yang membutuhkannya.
Kapasitas FWD baru mencapai 251.280 titik < 404.000 titik (Dynates-8002), jadi FWD belum optimal dari segi kemampuan teknis, namun dalam opersionalnya telah sesuai prosedur berdasarkan fungsi manajemen. Karena terbatasnya permintaan kerjasama dan jasa pelayanan FWD, agar optimal secara teknis dan ekonomis dapat dilakukan dengan peningkatan kapasitas menjadi 40.000 titik pertahun bila ingin memaksimalkan keuntungan atau meningkatkan harga sewa dari Rp 25.000,- menjadi Rp 36.000,- per-titik, bila untuk meminimalkan kerugian.
Pilihan alternatif tersebut di atas perlu dilakukan suatu evaluasi sehingga keluaran yang dihasilkan optimal, dengan memperhatikan tujuan utama pemanfaatan FWD adalah untuk kebutuhan pelayanan litbang, sedangkan kapasitas lebih FWD dimanfaatkan untuk pelayanan jasa dengan pihak-pihak lain yang membutuhkannya.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Roads and Bridges
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, dimasukan ke repositori institusi atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diijinkan untuk memposting data/karya tulis ilimiah yang terdahulu secara online (mis., repositori institusi atau di situs web penulis) karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang terdahulu.
Setiap naskah yang dikirimkan harus disertai dengan "Pernyataan Keaslian Naskah", dan "Pernyataan Copyright Transfer".