KOMPUTERISASI PERHITUNGAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODA AASHTO’93

Isi Artikel Utama

Siegfried Siegfried

Abstrak

Pada saat ini umumnya metoda perencanaan tebal lapis tambah menggunakan data lendutan FWD sebagai data masukan. Metoda-metoda itu antara lain Austroad, AASTO’93, dan beberapa metoda lainnya. Metoda AASHTO’93 menggunakan beberapa prosedur iteratif dalam perhitungannya. Agar perhitungan tebal lapis tambah dengan metoda AASHTO’93 ini bisa dilakukan dengan cepat, maka dibuatlah sebuah program komputer untuk perencanaan tebal lapis tambah ini dengan bahasa pemrograman Visual Basic. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh menggunakan program ini antara lain dapat membuat hubungan antara kumulatif beban standar dengan tebal lapis tambah yang dibutuhkan, prediksi umur sisa perkerasan existing, dan juga mengurangi human error dalam proses perhitungan.

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges