KOMPUTERISASI PERHITUNGAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODA AASHTO’93
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pada saat ini umumnya metoda perencanaan tebal lapis tambah menggunakan data lendutan FWD sebagai data masukan. Metoda-metoda itu antara lain Austroad, AASTO’93, dan beberapa metoda lainnya. Metoda AASHTO’93 menggunakan beberapa prosedur iteratif dalam perhitungannya. Agar perhitungan tebal lapis tambah dengan metoda AASHTO’93 ini bisa dilakukan dengan cepat, maka dibuatlah sebuah program komputer untuk perencanaan tebal lapis tambah ini dengan bahasa pemrograman Visual Basic. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh menggunakan program ini antara lain dapat membuat hubungan antara kumulatif beban standar dengan tebal lapis tambah yang dibutuhkan, prediksi umur sisa perkerasan existing, dan juga mengurangi human error dalam proses perhitungan.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Roads and Bridges
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, dimasukan ke repositori institusi atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diijinkan untuk memposting data/karya tulis ilimiah yang terdahulu secara online (mis., repositori institusi atau di situs web penulis) karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang terdahulu.
Setiap naskah yang dikirimkan harus disertai dengan "Pernyataan Keaslian Naskah", dan "Pernyataan Copyright Transfer".