JEMBATAN BETON DENGAN KEPALA JEMBATAN INTEGRAL

Isi Artikel Utama

Lanneke Tristanto

Abstrak

Kepala jembatan yang merupakan kesatuan dengan gelagar jembatan adalah tipe integral dimana tidak diperlukan sambungan dilatasi dan perletakan. Biaya pembangunan dan pemeliharaan menjadi lebih ekonomis dari jembatan konvensional karena peniadaan sambungan dilatasi dan perletakan. Sampai sekarang tidak terdapat peraturan perencanaan jembatan integral yang baku. Perencanaan jembatan integral yang mengikuti prinsip gelagar sederhana berada pada pihak aman, dimana tahanan timbunan di ujung jembatan diabaikan. Perencanaan jembatan beton integral tipikal untuk bentang pendek 22m sedang dikaji untuk diterapkan dalam program peningkatan jalan yang akan datang. Teknologi jembatan integral perlu dikaji dan disempurnakan agar inovasi bertumbuh terus. Keberhasilan pelaksanaan skala penuh akan mendukung jembatan integral untuk menjadi tipe terpilih dalam pembangunan jembatan di masa depan.

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges