JEMBATAN BETON DENGAN KEPALA JEMBATAN INTEGRAL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kepala jembatan yang merupakan kesatuan dengan gelagar jembatan adalah tipe integral dimana tidak diperlukan sambungan dilatasi dan perletakan. Biaya pembangunan dan pemeliharaan menjadi lebih ekonomis dari jembatan konvensional karena peniadaan sambungan dilatasi dan perletakan. Sampai sekarang tidak terdapat peraturan perencanaan jembatan integral yang baku. Perencanaan jembatan integral yang mengikuti prinsip gelagar sederhana berada pada pihak aman, dimana tahanan timbunan di ujung jembatan diabaikan. Perencanaan jembatan beton integral tipikal untuk bentang pendek 22m sedang dikaji untuk diterapkan dalam program peningkatan jalan yang akan datang. Teknologi jembatan integral perlu dikaji dan disempurnakan agar inovasi bertumbuh terus. Keberhasilan pelaksanaan skala penuh akan mendukung jembatan integral untuk menjadi tipe terpilih dalam pembangunan jembatan di masa depan.
Rincian Artikel
Terbitan
Bagian
Roads and Bridges
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, dimasukan ke repositori institusi atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diijinkan untuk memposting data/karya tulis ilimiah yang terdahulu secara online (mis., repositori institusi atau di situs web penulis) karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang terdahulu.
Setiap naskah yang dikirimkan harus disertai dengan "Pernyataan Keaslian Naskah", dan "Pernyataan Copyright Transfer".