KAJIAN PENGARUH TEMPERATUR DAN BEBAN SURVAI TERHADAP MODULUS ELASTISITAS LAPISAN BERASPAL PERKERASAN LENTUR JALAN

Isi Artikel Utama

Djunaedi Kosasih
Siegfried Siegfried

Abstrak

Penggunaan metoda perhitungan balik dalam menganalisis sistem perkerasan jalan sudah menjadi hal yang umum saat ini. Ada banyak tersedia program komputer yang dapat digunakan untuk melakukan proses perhitungan balik dari data lendutan FWD. Hasil dari proses perhitungan balik adalah besaran modulus elastisitas dari masing-masing lapisan perkerasan. Beberapa
faktor yang mempengaruhi modulus elastisitas lapisan perkerasan, khususnya modulus lapisan beraspal, antara lain adalah temperatur dan beban survai. Kajian yang dilakukan berlokasi di jln. Sukarno-Hatta, Bandung di mana data lendutan FWD diukur pada temperatur dan beban survai yang bervariasi. Makalah ini membandingkan proses perhitungan balik yang dilakukan dengan menggunakan program BackCalc dan program BAKFAA. Diperoleh hasil bahwa temperatur dan beban survai sangat berpengaruh pada modulus elastisitas lapisan beraspal; dan seperti yang diharapkan, hasil yang didapat dari kedua program tidak begitu berbeda.
 
 
Kata Kunci: cekung lendutan FWD, proses back calculation, program BackCalc, program BAKFAA

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges