ANALISIS PENURUNAN TIMBUNAN BADAN JALAN PADA TANAH LEMPUNG LUNAK

Isi Artikel Utama

Nyoman Suaryana

Abstrak

Beberapa tahun yang baru lewat teori yang telah dikenal baik yang dikembangkan oleh Terzaghi, dalam bentuk dasar maupun pengembangannya selalu digunakan untuk menganalisis kecepatan penurunan tanah dan disipasi tegangan air pori. Dalam studi belum lama ini, diketahui bahwa keberhasilan dalam memperkirakan besar dan kecepatan penurunan dengan menggunakan teori Terzaghi untuk beberapa studi kasus bervariasi dari sangat baik sampai jelek. Ketidaktepatan ini dapat dijelaskan dengan mempertimbangkan beberapa faktor seperti hubungan yang tidak linier antara log tegangan efektif dan angka pori, dan perubahan dalam permeabilitas dan kompresibilitas. Dalam kajian ini telah dikembangkan program komputer untuk menganalisis konsolidasi dua arah dari tanah lunak yang berlapis yang memikul beban timbunan, teori yang digunakan adalah : 1) menggunakan teori Terzaghi-Rendulic, dan 2) menggunakan teori non-linear. Data pengujian yang digunakan adalah laporan percobaan timbunan di Juru, Muar Flats Malaysia dan Tickton, Inggris. Hasil yang diperoleh menunjukkan perkiraan penurunan dan disipasi tegangan air pori dengan teori non-linear lebih mendekati kenyataan lapangan dibandingkan dengan teori Terzaghi-Rendulic.
 
 
Kata Kunci : konsolidasi tanah lunak, teori non-linear, teori Terzaghi-Rendulic

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges