KAJIAN AWAL PERSEPSI PENGEMUDI KENDARAAN PENUMPANG TERHADAP KENDARAAN BERAT DI JALAN TOL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Keberadaan kendaraan berat dapat menyebabkan pengemudi kendaraan penumpang merasa berada dalam tekanan sehingga cenderung untuk melepaskan diri dari situasi tersebut. Studi ini dirancang untuk mendapatkan faktor yang menyebabkan gangguan dan jenis gangguan yang paling dikeluhkan oleh pengemudi kendaraan penumpang ketika berbagi jalur dengan kendaraan berat pada jalan tol. Dua puluh sembilan responden yang berusia 29 sampai 46 tahun dengan variasi frekuensi mengemudi di jalan tol telah berhasil diwawancarai dengan menggunakan daftar pertanyaan dengan jawaban tertutup (close-end). Dari deskripsi jawaban ditemukan bahwa gangguan yang paling dikeluhkan adalah terjadinya gangguan kendali ketuka terjadi maneuver menyalip (overtaking) baik saat menyalip maupun disalip. Gangguan ini berhubungan dengan sense of safety pengemudi yang dipengaruhi oleh usia pengemudi kendaraan penumpang, dimensi kendaraan berat, kecepatan kendaraan berat, pekat tidaknya asap yang dikeluarkan oleh kendaraan berat, dan pengalaman pengemudi kendaraan penumpang di jalan tol. Studi ini memberikan gambaran bahwa menurunnya sense of safety merupakan alasan utama memburuknya krakteristik aliran lalu lintas ketika lajur kendaraan berat tidak diatur secara baik di jalan tol.
Kata kunci : Keselamatan Lalu Lintas, interaksi lalu lintas, kendaraan berat, sense of safety, manuver menyalip
Rincian Artikel
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, dimasukan ke repositori institusi atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diijinkan untuk memposting data/karya tulis ilimiah yang terdahulu secara online (mis., repositori institusi atau di situs web penulis) karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang terdahulu.
Setiap naskah yang dikirimkan harus disertai dengan "Pernyataan Keaslian Naskah", dan "Pernyataan Copyright Transfer".