EMTIMASI KAPASITAS BERDASARKAN DATA WAKTU AMTARA PADA JALAN ANTAR KOTA EMPAT LAJUR DUA ARAH TERBAGI

Isi Artikel Utama

Tri Basuki
Sidiq Bagus Nurcahya
Vicky Satria Pratama

Abstrak

ABSTRAK

Desain dan evalusi prasranan jalan memerlukan parameter lalulintas yang sesuai dengan kondisi lalu lintas yang nyata. Variasi jumlah,jenis dan dimensi kendaraan serta perilaku pengguna jalan tang beragam menunjukan kemungkinanan variasi nilai para meter lalulintas, misalnya kapasitas jalan, sehingga menjadikan sebagai variable acak. Tujuan dilakukanynya studi ini adalah menentukan nilai kapasits dan menentukan nilai ekivalensi mobil penumpang (emp) jalan antar kota Nagreg-Bandung menggunakan data waktu antara kendaraan. Nilai kapasitas jalan dianalisis dengan metode Dynamics Highway Capacity Estimation dan dilakukan pada dua kondisi, yaitu pada saat lalu lintas campuran dan saat tanpa memperhitungkan sepeda motor. Hasil analisis mengkonfirmasi adanya variasi nilai kapasitas yang mengindifikasikan nilai kapasitas sebagai variable acak. Analiasi menunjukan kapasitas pada kondisi lalulintas campuran adalah sebesar 2538 kendaraan/jam/arah, dan nilai kapasitas pada kondisi lalu lintas sepeda motor adalah 2557 kendaraan/jam/arah. Analisis juga menunjukan bahwa nilai emp untuk  kendaraan berat menengah adalah sebesar 1,41 bis besar 2,09, dan sepeda motor 0,66.

Kata kunci : kapasitas, waktu antara, ekivalensi mobil penumpang, jalan anatar kota, empat lajur dua arah terbagi

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges