METODE PENILAIAN MEDIA LUAR GRIYA TERHADAP RISIKO KESELAMATAN DI JALAN TOL

Isi Artikel Utama

Untung Cahyadi

Abstrak

ABSTRAK

 Perkembangan ekonomi di Indonesia secara tidak langsung mendorong perkembangan periklanan yang di gunakan oleh produsen barang dan jasa dalam menyampaikan pesan kepada konsumennya. Salah satu media yang banyak digunakan saat ini adalah jenis iklan luar ruangan atau dikenal sebagai Media Luar Griya (MLG) yang terdiri atas balijo, spanduk,, billboard, phamplet dan lainnya. Pemasangan media luar griya saat ini tidak hanya di kawasan perkotaan namun sudah merambah di kawasan jalan tol. Keberadaan media luar griya di kawasan jalan tol menimbulkan permasalahan tersendiri bagi para pemangku kepentingan jalan told an pengguna jalan. Selain memberikan dampak positif  berupa kontribusi bagi pendapatan badan usaha jalan tol, namun di sisi lain keberdaannya berdampak negative berupa potensi risiko terhadap keselamatan penguna jalan akibat gangguan konsentrasi yang ditimbulkan oleh media luar griya yang menghalangi rambu atau menimbulkan beban visual akibat bentuk, konten dan penempatannya terlalu rapat. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun cara penilaian media luar griya eksisting melalui suatu peringkatan bintang berdasarkan aspek perletakan, ergonomic, desain atau layout serta aspek estetika. Hasil penelitian berupa peringkat bintang dapat memberikan gambaran kepada pemangku kepentingan jalan tol dalam pengelolaan media luar griya di jalan tol untuk meminimumkan potensi bagi pengguna jalan.

Kata kunci : Media luar griya, penilaian, keselamatan, jalan tol, peringkat bintang.

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges