STUDI EKSPERIMENTAL PERILAKU STRUKTURAL LANTAI KACA LAMINASI TERHADAP BEBAN LENTUR

Isi Artikel Utama

Widi Nugraha
Hari Triwibowo
Budi Subrata

Abstrak

Perkembangan kaca laminasi dengan sifat yang lebih daktil daripada kaca standar membuka peluang baru untuk penggunaannya sebagai elemen struktur pemikul beban, termasuk lantai dan balok. Penggunaan kaca laminasi sebagai lantai jembatan telah berkembang luas di proyek konstruksi di berbagai lokasi. Namun, pengetahuan tentang perilaku struktural lantai kaca laminasi masih cukup terbatas karena perkembangannya yang relatif baru dalam industri konstruksi. Studi eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui perilaku struktural lantai kaca laminasi yang mengalami gaya lentur akibat beban vertikal. Pengujian dilakukan di laboratorium dengan menggunakan sampel panel lantai kaca laminasi lengkap dengan sistem frame lantai. Terdapat empat sampel yang diuji, masing-masing terdiri atas tiga sampel dengan dua lapisan kaca laminasi dan satu sampel dengan tiga lapisan kaca laminasi. Ketebalan lapisan kaca laminasi dan lapisan interlayer yang digunakan untuk keempat sampel adalah sama, yaitu secara berurutan 12 mm dan 1,5 mm. Pengujian dilakukan dengan memberikan beban tekan vertikal di tengah bentang pelat lantai, sementara besaran deformasi lendutan lantai diukur untuk setiap penambahan besaran gaya tekan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua spesimen lantai kaca laminasi mampu menahan beban yang lebih besar daripada beban rencana, dengan nilai daktilitas dapat mencapai 2,23. Kegagalan lentur terjadi secara bertahap sehingga memungkinkan evakuasi dilakukan dengan aman. Hasil ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman kita mengenai penggunaan kaca laminasi struktural dalam pengembangan konstruksi jembatan, membuka potensi baru untuk inovasi dalam desain struktur.


Kata Kunci: kaca laminasi, lantai struktural, uji lentur, daktilitas, kekakuan

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges