KOMPARASI PRODUKTIVITAS DAN AKURASI PESAWAT UDARA NIRAWAK UNTUK SURVEI FOTOGRAMETRI PADA PROYEK JALAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau Pesawat Udara Nirawak (PUNA), biasa dikenal dengan drone, merupakan perangkat udara yang dilengkapi dengan kamera dan sensor digunakan untuk berbagai aplikasi termasuk survei pemetaan udara. Pertumbuhan teknologi PUNA telah memberi manfaat signifikan, termasuk di industri konstruksi dengan memungkinkan pengumpulan data spasial secara akurat dan efisien untuk pemodelan 3-dimensi, pemantauan progres, dan analisis volume pekerjaan. Perkembangan PUNA menyebabkan beragamnya berbagai jenis PUNA mencakup jenis sayap, ukuran, jangkauan, serta kemampuannya. Keanekaragaman jenis dan merek PUNA di pasar menjadi tantangan bagi organisasi untuk menentukan pilihan PUNA agar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaannya. Penelitian bertujuan untuk memberikan rekomendasi PUNA dalam survei pemetaan dengan cara membandingkan produktivitas dan akurasi. Penelitian ini membandingkan 3 (tiga) jenis PUNA yang berbeda, yaitu DJI Phantom 4 ProV2, DJI Mavic 3 Enterprise+RTK, dan WingtraOne Gen II yang dikombinasikan dengan dua jenis metode geotagging, yaitu GCP (Ground Control Point) dan PPK (Post Processing Kinematic). Penelitian yang dilaksanakan pada 31 Januari 2023 di Proyek Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2 memperoleh hasil akurasi terbaik 0,08 m secara horizontal dan 0,07 m secara vertikal dari wahana WingtraOne Gen II metode PPK, sedangkan hasil perbandingan produktivitas terbaik didapatkan DJI Mavic 3 Entertprise RTK dengan produktivitas 2,90 ha/min. Secara umum untuk pemanfaatan teknologi survei fotogrametri pada proyek jalan yang memanjang direkomendasikan menggunakan PUNA portabel serta kemampuan metode PPK dan/atau RTK dengan pertimbangan utama akurasi dan produktivitas. Hasil penelitian dapat memberikan wawasan mengenai kombinasi PUNA dan metode geotagging yang optimal dalam pemanfaatan fotogrametri di industri konstruksi.
Kata Kunci : PUNA, fotogrametri, geotagging, proyek konstruksi, jalan tol
Rincian Artikel
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, dimasukan ke repositori institusi atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diijinkan untuk memposting data/karya tulis ilimiah yang terdahulu secara online (mis., repositori institusi atau di situs web penulis) karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang terdahulu.
Setiap naskah yang dikirimkan harus disertai dengan "Pernyataan Keaslian Naskah", dan "Pernyataan Copyright Transfer".