PERILAKU AERODINAMIKA GELEGAR DARI JEMBATAN BERUJI KABEL “PALIBAJA” MENGGUNAKAN UJI STASIS TROWONGAN ANGIN DENGAN MODEL SECTION

Isi Artikel Utama

Setyo Hardono

Abstrak

ABSTRAK

Jembatan  beruji kabel Palibaja berlokasi di Sukabumi Jawa Barat dan selesai dibangun oleh Puslitbang Jalan dan Jembatan tahun 2009. Tipe jembatan Palibaja adalah cable stayed dengan dua pilon. Panjang jembatan adalah 39 m+162 m+39 m sehingga total panjang 240 m dan lebar jembatan dari as ke as rangka adalah 3m. system lantai jembatan merupakan system rangka baja dan pelat lantai menggunakan orthotopik. Mengingat kekakuan system lantai yang kecil dan nilai para meter aerodinamikaa Pb adalah 1.38, maka menurut ketentuan British Standard BD 49/01 perlu dikaji mengenai prilaku aerodinamikaa jembatan. Pada tahap awal kajian aerodinamikaa ditekankan pada pengujian terowongan angin secara statis 2 dimensi. Pengujian dilakukan dengan berbagai kecepatan angin (15,25,40,50 m/detik) dan sudut serang (a) diambil (-10,-5,0,5,10,15,20 25 derajat). Hasil pengujian menunjukan bahwa kondisi angin dengan sudut serang 0 derajat maka model jembatan mengalami negative lift. Permasalahan lain adalah lokasi negative staff terjadi pada sudut serang (a) sekitar 0 derajat, yang berarti problem ketidak linearan secara aerodinamika terjadi pada arah angin horizontal. Dengan kecepatan udara 15 m/detik hingga 50 m/detik, relatif tidak merubah besaraan lift koefisien. Namun demikian karena pengujian masih bersifat statis maka diperlukan uji lanjutan berupa pengujian dua dimensi unsteady sehingga permasalahan aerodinamikaa dinamis dapat terjawab.

                                                                                                                                                                          

Kata Kunci : jembatan beruji kabel, aerodinamikaa, uji terowongan angin, negative lift, negative stall

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges