PAPARAN RISIKO DARI KESELAMATAN JALAN DI INDONESIA BERDASARKAN FATALITAS KECELAKAAN

Isi Artikel Utama

Anastasia Caroline Sutandi

Abstrak

Jumlah dan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan (kecelakaan) yang tinggi di Indonesia, adalah masalah yang sangat mengkhawatirkan dan harus segera dicarikan solusinya. Dari data diperoleh bahwa 3 atau 4 orang korban kecelakaan meninggal setiap 12 kecelakaan/ jam. Tingginya risiko yang terjadi adalah karena berbagai faktor, seperti manusia, kondisi jalan, kendaraan, lingkungan, teknologi, dan cuaca, dapat digambarkan dengan Paparan Risiko (Risk Exposure). Tujuan dari studi ini adalah menentukan besarnya Nilai Paparan Risiko untuk meningkatkan keselamatan jalan di Indonesia berdasarkan fatalitas kecelakaan dan merekomendasi tindakan praktis untuk mengurangi jumlah dan tingkat keparahan risiko kecelakaan. Data yang lengkap, akurat, dan up to date diambil dari Korps Lalu Lintas Polri, 2019 dan Biro Pusat Statistik 2010-2019 di seluruh provinsi di Indonesia. Data dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2019 dianggap data yang normal sebelum terjadinya pandemi, sedangkan data pada saat pandemi dapat dianggap tidak normal karena berbagai rekayasa lalu lintas sesuai kebutuhan dan kondisi saat itu. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa Nilai Paparan Risiko (NPR) berdasarkan fatalitas kecelakaan, jumlah penduduk, jumlah kendaraan, kepemilikan SIM, dan kondisi permukaan perkerasan jalan yang beragam, cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Dari NPR yang dihasilkan, maka tindakan praktis yang perlu dilakukan segera adalah edukasi kepada pengemudi, pemasangan perlengkapan jalan, dan penerapan ITS secara bertahap sesuai kebutuhan. Hasil studi ini penting karena kajian meninjau dari sudut pandang lain selain bahwa sebagian besar kecelakaan disebabkan oleh kesalahan manusia saja dan selanjutnya dapat digunakan sebagai dasar tindak lanjut praktis di lapangan.


Kata Kunci: paparan risiko, nilai paparan risiko, keselamatan jalan, Indonesia

Rincian Artikel

Bagian
Roads and Bridges