TEKNOLOGI PEMROSESAN GAMBAR VIDEO UNTUK PERHITUNGAN ARUS SEPEDA MOTOR
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan sepeda motor di Indonesia menunjukkan peningkatan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kurangnya pelayanan serta fasilitas dari sistem angkutan umum diperkotaan. Selain adanya ketidakseimbangan antara laju pertumbuhan pemilikan kendaraan dan penyediaan prasarana jalan. Sebagai sarana transportasi jalan yang terbesar proporsinya dan mendominasi volume lalu lintas sehingga dianggap dapat mempengaruhi tingkat pelayanan jalan (kapasitas, kemacetan, dan kecelakaan), maka upaya untuk mengontrol, memonitor dan mnganalisis gambaran jumlah dan perilaku volume lalu lintas yang didominasi sepedamotor tersebut, harus dapat dilakukan melalui penghitungan volume lalu lintas dijalan dengan lebih akurat dan relative mudah. Sementara ini cara penghitungan volume lalu lintas yang dapat mengakomodasikan sepedamotor umumnya dilakukan dengan cara “manualâ€, sedangkan software yang tersedia di pasaran belum dapat menghitung jumlah sepeda motor pada suatu ruas jalan dengan akurat. Perbedaan karakteristik pengemudi di Indonesia yang cenderung agresif serta sering melakukan manuverbebas (zigzag), mengakibatkan software tersebut kurang mampu menangkap jumlah sepeda motor dengan akurat. Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (PUSJATAN) dan Institute for Land and Infrastructure Management (NILIM) telah melakukan kerja sama riset selama 3 tahun untuk mengembangkan software Image Processing Technology (IPT) khususnya untuk mendeteksi volume sepeda motor dijalan. Software ini diuji coba akurasinya dengan menetapkan tiang kamera pada dua titik yang berbeda, posisi sudut kamera yang berbeda serta kondisi hari yang berbeda. Dari hasil uji coba ini didapatkan bahwa penelitian tiang, sudut kamera dan waktu siang dan malam mempengaruhi akurasi pembacaan volume sepeda motor.
Kata kunci : Kemacetan, volume, sepeda motor, akurasi, Image Processing Technology
Article Details
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License, which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors may enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work.
Each submitted manuscript must be accompanied by a "Manuscript Originality Statement" and a "Copyright Transfer Statement".