Prakata

Redaktur Jurnal Jalan - Jembatan menyampaikan selamat bertemu kembali dalam edisi Januari Juni 2016, yang merupakan edisi pertama dari Volume 33 No 1 tahun 2016. Pada terbitan ini, disampaikan lima karya tulis ilmiah, tulisan ke satu sampai dengan ke tiga berkaitan dengan masalah perkerasan jalan lentur dari jenis campuran beraspal panas, tulisan keempat berkaitan dengan cara memodifikasi jembatan gantung, dan tulisan kelima berkaitan dengan perkiraan usia perkerasan lentur jalan Tol.

Tulisan pertama mengemukakan tentang pengembangan model deformasi permanen untuk campuran beraspal panas dari jenis perkerasan Stone Matrix Asphalt yang dipandang lebih tahan terhadap kerusakan alur. Pemodelan ini sebagai hasil dari eksperimen di laboratorium.

Tulisan kedua berkenaan dengan kajian tentang pengaruh senyawa basa nitrogen aspal batu Buton (Asbuton) terhadap sifat reologi aspal dalam campuran beraspal panas,baik sebelum ataupun sesudah mengalami penuaan jangka pendek dan jangka panjang. Tulisan ini pun didasarkan atas eksperimen di laboratorium.

Tulisan ketiga masih berkaitan dengan campuran beraspal panas, yaitu tentang pengaruh bahan peremaja terhadap kinerja campuran beraspal panas bergradasi menerus menggunakan bahan daur ulang perkerasan beraspal. Penggunaan bahan daur ulang dimaksudkan untuk mengatasi masalah ketersedian bahan jalan yaitu Aspal dan Agregat yang kebutuhannya setiap tahun meningkat.

Tulisan keempat menyampaikan tentang jembatan gantung yang banyak juga digunakan di Indonesia. Dijelaskan bagaimana caranya memodifikasi sistem kabel utama jembatan gantung dengan klem untuk meningkatkan kekakuan struktural. Teknologi modifikasi ini sudah lama dikembangkan dan diaplikasikan di luar negeri, tetapi belum banyak diaplikasikan di dalam negeri. Makalah ini menjelaskan tentang teknik memodifikasi jembatan gantung dengan klem.

Tulisan yang kelima dan sekaligus merupakan tulisan terakhir pada edisi ini, berkaitan denganprediksi umur sisa perkerasan lentur berdasarkan kerataan jalan. Persamaan prediksi umur sisa diturunkan berdasarkan data dari jalan tol Surabaya-Gempol di Jawa Timur. Persamaan ini bermanfaat untuk membantu pemrograman pemeliharaan jalan khususnya perkerasan lentur di jalan tol.

Semoga semua tulisan yang disajikan ini, memberikan manfaat yang besar bagi para pengambil keputusan, konsultan, kontraktor di bidang jalan, para peneliti di bidang jalan, para pengajar dan mahasiswa di perguruan tinggi, serta para praktisi.

Akhirnya, redaktur mengucapkan selamat membaca jurnal ini dan khusus bagi kaum muslimin selamat Eidul Fitri 1437 Hijriah, semoga ke depan kita semua mendapatkan keberkahan dan kesuksesan yang lebih dari waktu sebelumnya.

 

Manajer Jurnal

Published: 2016-06-19