PEMODELAN PENETAPAN JARAK AKSES JALAN PADA JALAN ARTERI KOTA
Main Article Content
Abstract
Belum berfungsinya infrastruktur (jaringan jalan) secara optimal mengakibatkan kegiatan transportasi jalan sering harus berhadapan dengan kemacetan dan kecelakaan. Salah satu penyebabnya adalah konflik lalu lintas di titik-titik persimpangan, dimana titik persimpangan tersebut diindetifikasikan terutama berlokasi pada jalan yang berfungsi arteri perkotaan dengan akses jalan.
Akses jalan baru pada jalan berfungsi aarteri perkotaan dewasa ini cenderung makin banyak dan tidak terkendali dengan mengabaikan aspek teknis dan peran/hirarki jalan itu. Di lain fihak ketentuan/kriteria perencanaan alur jalan secara terukur terutama untuk jarak antara akses jalan memeang belum ada.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian in adalah berdasarkan hipotesa bahwa kinerja jalan memiliki korelasi dengan jarak antara akses.
Dari analisis dan identifikasi data yang ada serta mengaplikasikan metoda rehersi linier diperoleh bentuk yang lebih nyata dari hubungan korelasi antara jarak akses dengan kinerja jalan, sehingga untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai model perkiraan penentuan jarak antara akses. Parameter tersebut selanjutya dapat digunakan untuk masukan dalam penyempurnaan manual perencanaan geometik dan sistem jarinngan jalan perkotaan.
Article Details
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License, which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors may enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work.
Each submitted manuscript must be accompanied by a "Manuscript Originality Statement" and a "Copyright Transfer Statement".