SISTIM PROTEKSI ANODA KORBAN TIANG PANCANG PIPA BAJA JEMBATAN

Main Article Content

Ahmad Abdurrohim

Abstract

Hampir semua jembatan rangka baja yang dibangun oleh Bina Marga sejak tahun 1970, menggunakan pondasi tiang pancang pipa baja. Sebagian besar struktur berada di dalam tanah air, karena itu lebih banyak kesulitan untuk mendeteksi perkembangan karat pada struktur tiang pancang pipa baja. Berbeda dengan bangunan atas rangka baja yang satu dan dua komponen rangka baja putus, maka akan berakibat fatal seluruh jembatan. Untuk mengantisipasi kemungkinan putus akibat korosi, maka telah dilakukan penelitian salah satu sistem proteksi yaitu dengan proteksi katodik anoda korban. Lokasi penelitian yaitu pada beberapa jembatan rangka baja, diantaranya jembatan telolama km 4.00 Ujang Pandang jembatan Londok km 2.00 Pontianak, jembatan, Muara Angke pada tol Cengkareng, Proteksi didesain untuk umur sampai dengan 10 tahun. Hasil monitoring mamajukkan bahwa sistem proteksi dapat bekerja baik.

Article Details

Section
Jalan dan Jembatan