PENGARUH JUMLAH KENDARAAN BERAT TERHADAP TINGKAT KEBISINGAN DI JALAN ATERI PRIMER
Main Article Content
Abstract
Tingkat kebisingan merupakan suatu alat untuk mempridiksi besar kecilnya pengaru gangguan suara yang kehadirannya tidak diinginkan yang terjadi dalam suatu ruas jalan. Ruas jalan tertentu memiliki karakteristik komposisi kendaraan yang relatif berbeda dengan ruas jala lainnya sehingga sebaiknya karakteristik itu dapat ditemu kenali menggunakan metoda evaluasi tertentu.
Pada penelitian ini ruas jalan yang diamati adalah ruas jl. Tol Jakarta Cikampek, dengan kerakteristik lalu lintas umunya didominasi oleh kendaraan umum dan angkutan barang. Angkutan barang yang menjadi ciri khas daerah di sekitar ruas jalan ini adalah banyaknya kendaraan berat seperti truk gandengan, tandem dan truk kontainer. Kondisi lalu lintas yang terlihat mencolok dengan hadirnya kendaaan berat dalam ruas jalan ini menjadi salah satu variabel penting yang diduga secara nyata mepengaruhi tingkat kebisingan lalu lintas yang akan diuji pada ruas jalan tersebut.
Analisi statistik tingkat kebisngan lalu lintas yang dihasilkan menunjukan bahwa pada ruas jalan Tol Jakarta Cikampek dengan komposisi kendaraan berat lebih dari 20% secara signifikan tingkat kebisingan dipengaruhi oleh komposisi kendaraan berat yang melaluinya ditunjukkan ole nilai signifikansi sebesar 0.011 (memenuhi kriteria 0.05 atau 5%). Tingkat kebisingan pada ruas jalan yang diteliti sudah sangat melebihi ambang batas yang sehat sehingga perlu dilakukan penanganan lebih lanjut.
Article Details
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License, which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors may enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work.
Each submitted manuscript must be accompanied by a "Manuscript Originality Statement" and a "Copyright Transfer Statement".