EMTIMASI KAPASITAS BERDASARKAN DATA WAKTU AMTARA PADA JALAN ANTAR KOTA EMPAT LAJUR DUA ARAH TERBAGI
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Desain dan evalusi prasranan jalan memerlukan parameter lalulintas yang sesuai dengan kondisi lalu lintas yang nyata. Variasi jumlah,jenis dan dimensi kendaraan serta perilaku pengguna jalan tang beragam menunjukan kemungkinanan variasi nilai para meter lalulintas, misalnya kapasitas jalan, sehingga menjadikan sebagai variable acak. Tujuan dilakukanynya studi ini adalah menentukan nilai kapasits dan menentukan nilai ekivalensi mobil penumpang (emp) jalan antar kota Nagreg-Bandung menggunakan data waktu antara kendaraan. Nilai kapasitas jalan dianalisis dengan metode Dynamics Highway Capacity Estimation dan dilakukan pada dua kondisi, yaitu pada saat lalu lintas campuran dan saat tanpa memperhitungkan sepeda motor. Hasil analisis mengkonfirmasi adanya variasi nilai kapasitas yang mengindifikasikan nilai kapasitas sebagai variable acak. Analiasi menunjukan kapasitas pada kondisi lalulintas campuran adalah sebesar 2538 kendaraan/jam/arah, dan nilai kapasitas pada kondisi lalu lintas sepeda motor adalah 2557 kendaraan/jam/arah. Analisis juga menunjukan bahwa nilai emp untuk kendaraan berat menengah adalah sebesar 1,41 bis besar 2,09, dan sepeda motor 0,66.
Kata kunci : kapasitas, waktu antara, ekivalensi mobil penumpang, jalan anatar kota, empat lajur dua arah terbagi
Article Details
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License, which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors may enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work.
Each submitted manuscript must be accompanied by a "Manuscript Originality Statement" and a "Copyright Transfer Statement".