Peningkatan kinerja campuran beraspal dengan mikro karbon
Main Article Content
Abstract
Sejalan dengan perkembangan perekonomian dan kapasitas lalu lintas- pun bertambah sehingga perkerasan jalan seringkali rusak sebelum umur pakai dilalui. Banyak jenis bahan untuk meningkatkan mutu aspal maupun campuran beraspal sehingga kerusakan dini pada perkerasan jalan dapat dicegah, salah satunya yaitu modifikasi dengan mikro karbon yang berfungsi sebagai penguat ( reinforcement )..
Pada penelitian mill penambahan mikro karbon dengan dua cara, yaitu cara kering ( mikro karbon ditambahkan kedalam aggregat ) dan cara basah (mikro karbon ditambahkan kedalam aspal ).
Pencampuiran mikro karbon cara kering memberikan hash pengujian mutu campuran Marshall yang lebih balk dari campuran basah. Hal irti disebabkan pada pengzglan secara basah rongga terisi udara ( VIM) dan rongga terisi aspal pada pengujian Marshall tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan.
Dan hash pengujian kinetja campuran yaitu dari pengujian Wheel Tracking Machine terlihat bahwa dengan penambahan inikTo karbon secara kering stabilitas dincimis campuran aspal plus 15 % mikro karbon = 4200 lintasan per menit , serta deformasi permanen = 0,01 min/nzenit. Dengan demikian campuran aspal plus macro karbon lebih tahan terhadap kerusakan, lebih awet dari pada aspal biasa, dan dengan kenaikan harga yang relatif kecil nzemberikan nilai tambah kekuatan yang yang cukup berarti
Article Details
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License, which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors may enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work.
Each submitted manuscript must be accompanied by a "Manuscript Originality Statement" and a "Copyright Transfer Statement".