PENGARUH PEREKUATAN DENGAN GEOSINTETIK PADA LAPISAN PERKERASAN BERASPAL UNTUK JALAN RAYA
Main Article Content
Abstract
Salah satu kerusakan perkerasan jalan akibat beban lalu lintas yang melewatinya ialah retak, yang diakibatkan regangan yang terjadi pada bagian bawah lapisan beraspal melampaui regangan yang bisa ditahan oleh lapisan beraspal tersebut. Pada tulisan ini di uraikan hasil percobaan di laboratorium mengenai perkuatan dari lapisan beraspal ini dengan cara memasang lapisan geotextile pada bagian bawah dari lapisan beraspal tersebut, yang berfungsi untuk menahan besar regangan yang terjadi, dan juga meredam perjalanan retak yang sudah terjadi ke bagian yang di atasnya, sekaligus dibandingkan dengan lapisan beraspal yang sama, tetapi tanpa pemasangan geotextile. Beban dan frekuensi pembebanan berulang, yang diberikan pada contoh bervariasi, sehingga didapat besar dan arah retakan untuk masing-masing pembebanan baik pada lapisan yang tidak diperkuat, maupun yang diperkuat dengan geotextile. Selain pengujian retak, juga dilakukan pengujian kedalam alur pada lapisan beraspal tersebut dengan menggunakan wheel tracking machine. Selanjutnya tulisan ini, juga menguraikan hasil pengamatan perrcobaan lapangan, yang dilakukan pada lokasi percobaan lapangan di daerah antara Tasikmalaya dan Banjar, sepanjang +- 200 meter.
Article Details
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License, which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors may enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work.
Each submitted manuscript must be accompanied by a "Manuscript Originality Statement" and a "Copyright Transfer Statement".