KOREKSI NILAI LENDUTAN PERKERASAN JALAN DENGAN ALAT BENKELMAN BEAM

Main Article Content

Tatang Daclan

Abstract

Prosedur pengujian lendutan sesaat atau transient deflection denggan alat Benkelman Beam adalah salah satu metode pengukuran lendutan perkerasan jalan yang digunakan oleh Pusat Litbang Jalan, TRRL-Inggris dan negara - negara lainnya. Pengukuran lendutan yang biasa digunakan adalh lendutan balik, yaitu besarnya lendutan Vertikal suatu permukaan jalan akibat dihilangkannya beban. Lendutan sesaat adalah besarnya lendutan Vertikal akibat lewatnya beban. Berbeda dengan pengukuran lendutan balik yang selama ini  digunakan Bina Marga untuk salah satu tujuan penilaian struktur erkerasan jalan atau untuk tujuan perencanaan teknik perkerasan baru atau lapis tambahan di atas perkerasan lama. Pengukuran lendutan-sesaat ini lebih didasarkan pada penilaian adanya ketidak seragaman lapis perkerasan yang ada di bagian bawahnya, sehingga dengan mengukur lendutan sesaat diharapkan akan diperoleh suatu nilai lendutan yang sesuai dedngan kondisi beban lalu liintas yang memaluinya. Pada pengukuran lendutan balik, maka sediikitnya ada unsur beban statis yangmenekan titik uji serta pengukurannya relatip lebiih lama dibandingkan dengan pengukuran lendutan sesaat. Dari hasil peneliitian ini ternyata diperlukan satu cara pengukuran yang sesungguhnya perlu direvisi agar hasil-hasil pengukuran ini dapat dikalibrasikan secara lebih tepat dan dapat dilaporkan sebagai nilai lendutan perkerasan jalan yang sudah dikoreksi pada suhu 35 derajat C.

Article Details

Section
Jalan dan Jembatan