Penanggulangan korosi komponen baja jembatan
Main Article Content
Abstract
Di Indonesia saat ini pembangunan jembatan dengan komponen baja. Terutama jembatan rangka baja dan pondasi tiang pancang pipa baja. Menunjukan gejala yang makin meningkat. Jembatan berada dalam lingkungan korosif karena posisi indonesia yang berada pada daerah tropis dengan lingkunan udara lembab, kondisi laut, curah hujan yang tinggi,panas, dan pengotoran oleh industri. Kondisi ini mengakibatkan timbul problem korosi pada komponen baja jembatan. Korisi komponen pada baja jembatan akan mempengaruhi daya tahan atau memperpendek usia pakai jembatan. Mengingat sangat vitalnya fungsi jembatan sebagai prasarana pembangunan perhubungan dan ekonomi di Indonesia, maka sangat penting untuk menjaga daya tahan/usia pakai jembatan yang telah dibangun maupun akan di bangun dapat bertahan selama mungkin. Tujuan ini dapat dicapai antara lain dengan menerapkan cara penanggulangan korosi yang tepat.
Article Details
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License, which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors may enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work.
Each submitted manuscript must be accompanied by a "Manuscript Originality Statement" and a "Copyright Transfer Statement".