EVALUASI KINERJA JEMBATAN INTERCHANGE BETON DENGAN ANALISIS RIWAYAT WAKTU TIDAK LINEAR

Isi Artikel Utama

Akhmad Dendi Nosya
Adi Sutrisno
Mifta Farid
Nuriana Ilyas Pratama
Efri Dwiyanto
Nazril Azmi

Abstrak

Salah satu elemen material dalam struktur jembatan adalah beton prategang. Evaluasi kinerja jembatan diperlukan untuk menentukan metode perbaikan jika terdapat potensi kegagalan konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau desain jembatan beton prategang menggunakan perangkat lunak midas Civil. Struktur jembatan  dimodelkan beserta beban yang bekerja, yang meliputi Dead Load (DL), Super Imposed Dead Load (SIDL), dan beban gempa sesuai dengan SNI 1725:2016 dan SNI 2833:2016. Penelitian ini menggunakan metode analisis riwayat waktu tidak linear (non-linear time history analysis) sesuai dengan acuan NCHRP 44 dan 949. Perangkat lunak midas Civil digunakan untuk analisis. Parameter desain diambilkan dari kedua acuan, yang mencakup regangan material beton, tulangan baja, dan drift pada elemen penahan lateral (pilar jembatan) yang disusun dari material beton bertulang. Jembatan Interchange (IC) Terbanggi Besar STA. 139+925 di Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar di Provinsi Lampung digunakan sebagai fokus studi. Dengan metode analisis yang ditetapkan, penelitian ini mengidentifikasi batas kerusakan struktur jembatan pada saat pascagempa untuk menentukan kinerja struktur. Tujuh pasang ground motion dipasang, yang mewakili kondisi pada lokasi jembatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kinerja struktur Jembatan IC Terbanggi Besar berada pada  tingkat kinerja fully operational. Tingkat tersebut menggambarkan kondisi setelah menerima beban gempa. Kondisi jembatan masih dapat beroperasi secara optimal dan struktur jembatan masih dalam keadaan elastis. Penelitian ini mengusulkan penggunaan metode sejenis pada jembatan lain untuk mengevaluasi kinerja jembatan dan mengantisipasi kegagalan bangunan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dendi Nosya, Akhmad, Adi Sutrisno, Mifta Farid, Nuriana Ilyas Pratama, Efri Dwiyanto, dan Nazril Azmi. 2024. “EVALUASI KINERJA JEMBATAN INTERCHANGE BETON DENGAN ANALISIS RIWAYAT WAKTU TIDAK LINEAR”. Jurnal Jalan Jembatan 41 (2):71-82. https://doi.org/10.58499/jatan.v41i2.1305.
Bagian
Roads and Bridges