KARAKTERISTIK TINGKAT EMISI CO2 PADA BERBAGAI DERAJAT KEJENUHAN LALU LINTAS DI JALAN TOL
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Derajat kejenuhan lalu-lintas merupakan representasi dari kemampuan suatu ruas jalan dapat mengalirkan liran kendaraan, jika dilihat dari aspek lingkungan aliran kendaraan yang melaju di suatu ruas jalan menghasilkan polusi udara, salah satunya emisi CO2. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui karakteristik tingkat emisi CO2 Â yang didasarkan dari tingkat derajat kejenuhan lalu-lintas dijalan tol. Metode yang digunakan adalah dengan melakuakan studi kasus di jalan tol Jakarta-Cikampek, dengan pengambilan data selama tujuh kali dua puluh empat jam, lokasi pengambilan data primer berada di KM. 58.200 dengan tipe jalan 6/2D dan KM 14+200 dengan tipe 8/2D dimana lokasi penngamatan mempunyai alinyemen horizontal yang lurus dari alinyemen vertical yang rata bukan tanjakan atau turunan. Pengambilan data primer dengan menggunakan kamera video image processing, kemudian menghitung kapasitas serta volume jalan tol sehingga dihasilkan derajat kejenuhan dengan MKJI(1997). Data kecepatan kendaraan digunakan untuk menghitung kebutuhan BBM, dengan pendekatan persamaan dari LAPI ITB (1996) serta penggunaan faktor emisi dari Permen LH No. 12/2010. Kemudian dianalisis dengan uji statistik. Dari hasil kajian didapatkan karakteristik tingkat emisi CO2 dengan beberapa tingkat derajat kejenuhan lalu lintas jalan tol. Analisa dengan uji statistic menghasilkan pula persamaan-persamaan dengan koefisien determininasi yang cukup signifikan diharapkan persamaan-persamaan hubungan tersebut dapat digunakan untuk inventarisir tingkat emisi CO2 Â dengan dasar tingkat derajat kejenuhan untuk jalan tol di Indonesia, sehingga dapat dimanfaatkan untuk langkah mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.
Kata kunci : Â Derajat Kejenuhan, Emisi CO2, Bahan Bakar Minyak (BBM), Jalan tol, Kecepatan
Article Details
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License, which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors may enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work.
Each submitted manuscript must be accompanied by a "Manuscript Originality Statement" and a "Copyright Transfer Statement".