EVALUASI KEBERHASILAN TRANSJAKARTA DIBANDINGKAN DENGAN BUS RAPID TRANSIT (BRT) KELAS DUNIA
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Perpindahan orang dan barang masih mendominasi prasarana transportasi jalan. Dinegara-negara berkembang, perpindahan dalam jumlah besar ini umumnya menggunakan system transportasi yang kurang efisien seperti kendaraan pribadi. Kota Jakarta, sebagai contoh, masih sangat tergantung dengan kendaraan pribadi. Di kota ini, jumlah kendaraan roda-dua mencapai 11,4juta pada tahun 2010 dan tumbuh secepat 11% per tahun. Jumlah dan pertumbuhan tinggi ini belum bisa diimbangi oleh prasarana transportasi sehingga kemacetan sering terjadi dan menyebabkan system transportasi menjadi tidak efisien. Untuk kondisi demikian, angkutan umum seperti bus rapid transit (BRT) menjadialternatif yang menjanjikan, dan diawal abad ke 21, terlihat penggunaan system BRT dibanyak kota di dunia. TransJakarta adalah system BRT yang di adopsi oleh kota Jakarta, dan telah beroperasi sejak 2004. Wakaupun demikian, setelah tujuh tahun beroperasi, TransJakarta belum berhasil mengatasi kemacetan di lalu-lintas Jakarta. Data memperlihatkan bahwa TransJakarta memiliki tingkat penumpang yang relatif rendah, dan belum terlihat perpindahan moda trasportasi di masyarakat. Penelitian ini pembelajari sistem TransJakarta khususnya dalam aspek-aspek yang berhubungan dengan sistem BRT standar dunia. Standar ini memiliki 30 aspek dalam lima kategori: Rencana Pelayanan, Infrastruktur, Desain Stasiun dan Antar-Muka Stasiun, Kualitas Pelayanan dan Sistem Informasi Penumpang, dan Integrasi dan Akses. Pada akhir paper ini, didiskusikan aspek-aspek yang perlu diperbaiki oleh TransJakarta.
Kata Kunci : Bus Transpor Cepat,Transportasi Umum, TransJakarta, Kemacetan, BUS
Article Details
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License, which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
-
Authors may enter into additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
-
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work.
Each submitted manuscript must be accompanied by a "Manuscript Originality Statement" and a "Copyright Transfer Statement".