Detail Cantuman
Pencarian SpesifikGame
Penelitian pengaruh tekstur permukaan jalan terhadap koefisen gesek
Dalam upaya mengurangi jumlah kecelakaan Puslibang Jalan telah melaksanakan penelitian mengenai koefisien gesek dari beberapa jenis permukaan jalan dengan maksud untuk mendapatkan nilai batas ambang kekesatan permukaan jalan yang cukup aman. Sehubungan dengan model kedalaman tekstur (TD) dan kekesatan (SFC) sudah dikembangkan oleh HDM-4, maka kalibrasi model tersebut perlu dilakukan untuk kondisi Indonesia. Hasil kalibrasi untuk kedalaman tekstur (TD) 14 kali untuk perkerasan tipe AC konvensional dan 16 kali untuk perkerasan tipe SMA (secara langsung) dan untuk kedalaman tekstur (TD) 14 kali untuk perkerasan tipe AC konvensional dan 8 kali untuk perkerasan tipe SMA (secara segmen). Sedangkan nilai kekesatan (SFC) 0,73 kali untuk perkerasan tipe AC konvensional dan 0,033 kali untuk perkerasan tipe SMA. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain jenis batuan yang ada di Indonesia secara geologis lebih muda daripada batuan yang digunakan oleh HDM-4 yang didukung oleh nilai PSV batuan yang diuji di Indonesia maksimum 45 sedangkan HDM-4 maksimum 71. Dari kondisi tersebut dapat dikatakan batuan di Indonesia lebih mudah mengalami keausan.
(TJ 131)
Ketersediaan
0000002078 | 625.032.32(047.31) Dja p | My Library | Tersedia |
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
625.032.32(047.31) Dja p
|
Penerbit | PUSTRAN : ., 1999 |
Deskripsi Fisik |
48 hal.; gamb.
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
625.032.32(047.31)
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain