No image available for this title

Game

Penelitian pengaruh tekstur permukaan jalan terhadap koefisen gesek



Dalam upaya mengurangi jumlah kecelakaan Puslibang Jalan telah melaksanakan penelitian mengenai koefisien gesek dari beberapa jenis permukaan jalan dengan maksud untuk mendapatkan nilai batas ambang kekesatan permukaan jalan yang cukup aman. Sehubungan dengan model kedalaman tekstur (TD) dan kekesatan (SFC) sudah dikembangkan oleh HDM-4, maka kalibrasi model tersebut perlu dilakukan untuk kondisi Indonesia. Hasil kalibrasi untuk kedalaman tekstur (TD) 14 kali untuk perkerasan tipe AC konvensional dan 16 kali untuk perkerasan tipe SMA (secara langsung) dan untuk kedalaman tekstur (TD) 14 kali untuk perkerasan tipe AC konvensional dan 8 kali untuk perkerasan tipe SMA (secara segmen). Sedangkan nilai kekesatan (SFC) 0,73 kali untuk perkerasan tipe AC konvensional dan 0,033 kali untuk perkerasan tipe SMA. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain jenis batuan yang ada di Indonesia secara geologis lebih muda daripada batuan yang digunakan oleh HDM-4 yang didukung oleh nilai PSV batuan yang diuji di Indonesia maksimum 45 sedangkan HDM-4 maksimum 71. Dari kondisi tersebut dapat dikatakan batuan di Indonesia lebih mudah mengalami keausan.
(TJ 131)


Ketersediaan

0000002078625.032.32(047.31) Dja pMy LibraryTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
625.032.32(047.31) Dja p
Penerbit PUSTRAN : .,
Deskripsi Fisik
48 hal.; gamb.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
625.032.32(047.31)
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaDetail XMLKutip ini